BRIN bangun fasilitas 'clean room'

id brin,fasilitas clean room,fabrikasi komponen,mikro nano elektronika

BRIN bangun fasilitas 'clean room'

Fasilitas ruang steril atau clean room yang berfungsi agar tidak ada kontaminasi udara dalam fabrikasi komponen device mikro-nano elektronika di Kawasan Sains dan Teknologi Samaun Samadikun, Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/HO-BRIN)

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membangun fasilitas clean room atau ruangan steril yang berfungsi agar tidak ada kontaminasi dalam fabrikasi komponen device mikro-nano elektronika.

Clean room merupakan fasilitas atau infrastruktur riset untuk pembuatan fabrikasi device atau komponen yang ditujukan untuk device micro-nano electronica. Clean room milik BRIN memiliki kemampuan bisa untuk fabrikasi device dengan ukuran 600 nm,” kata Kepala Pusat Riset Elektronika BRIN Yusuf Nur Wijayanto dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Clean room adalah ruangan yang memiliki sistem filtrasi khusus dan memiliki beberapa sistem yang digunakan untuk mencegah adanya kontaminasi, khususnya kontaminasi dari udara seperti debu.

Organisasi Riset Elektronika dan Informatika melalui Pusat Riset Elektronika BRIN membangun fasilitas tersebut yang akan menjadi fasilitas unggulan dari BRIN tepatnya Kawasan Sains dan Teknologi Samaun Samadikun, Bandung, Jawa Barat.



Yusuf mengatakan clean room membantu dalam pengembangan device mikro-nano elektronika. Debu atau kontaminasi udara lainnya dapat mempengaruhi koneksi jalur elektronik.

"Clean room butuh situasi yang sangat bersih, karena 600 nm itu harus terjauh dari debu, takutnya akan mempengaruhi koneksi jalur-jalur elektroniknya itu yang akan terhambat. Kami ada dua kelas, yakni kelas 1.000 partikel per meter kubik dan 100 partikel per meter, itu tergantung dari kebutuhan,” kata Yusuf.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN bangun fasilitas 'clean room' untuk fakbrikasi komponen
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024