Penolakan hasil pemilu 2024 lawan rakyat, tegas Haidar Alwi

id Pemilu 2024,hasil pemilu,Haidar Alwi

Penolakan hasil pemilu 2024 lawan rakyat, tegas Haidar Alwi

Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), R Haidar Alwi. ANTARA/Dokumen Pribadi

Jakarta (ANTARA) - Pendiri Haidar Alwi Institute R. Haidar Alwi mengatakan bahwa tuduhan terkait kecurangan pemilu serta penolakan terhadap hasil pemilu sama dengan melawan kehendak rakyat, demokrasi, dan konstitusi.

"Tuduhan pemilu curang dan penolakan terhadap hasil pemilu sama saja dengan melawan kehendak rakyat, melawan demokrasi, dan melawan konstitusi. Siapa pun yang melawan kehendak rakyat akan berhadapan dengan rakyat itu sendiri," kata Haidar dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu.

Haidar merasa Pemilu 2024 berlangsung baik. Berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI), kata dia, tingkat kepuasan publik terhadap penyelenggaraan pemilu mencapai 83,6 persen dan sebanyak 76,4 persen menyatakan pemilu telah berlangsung jurdil.

"Artinya, upaya-upaya mendelegitimasi pemilu dengan berbagai narasi, baik menjelang maupun sesudah pemilu, bukanlah kehendak mayoritas rakyat Indonesia, melainkan keinginan segelintir elite politik yang haus kekuasaan," ucapnya.

Sebab itu, dia mengingatkan sebaiknya partai politik tidak menentang kehendak rakyat. Menurutnya, sikap menerima dan menghormati hasil pemilu menunjukkan bahwa partai politik memang memperjuangkan kepentingan rakyat.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Haidar Alwi: Penolakan hasil pemilu sama dengan melawan rakyat
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024