Konser Ed Sheeran harus perhatikan keamanan-kenyamanan fans

id ed sheeran,ed sheeran world tour 2024,kemenparekraf,Keberlanjutan lingkungan

Konser Ed Sheeran harus perhatikan keamanan-kenyamanan fans

Tangkapan layar Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu dalam acara talkshow yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (26/2/2024). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meminta promotor penyelenggara tur dunia Ed Sheeran untuk memperhatikan konsep keberlanjutan dan kenyamanan penonton yang datang dari berbagai wilayah.

“Kita harus tekankan kualitas, oleh karena itu kami dengan PK Entertainment selaku penyelenggara pertunjukan ini untuk betul-betul memperhatikan aspek-aspek keberlanjutan,” kata Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu dalam acara talkshow yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

Vinsen menuturkan konser Ed Sheeran harus belajar dari penyelenggaraan konser Coldplay beberapa waktu lalu yang dinilainya sukses menjaga lingkungan. Misalnya, dua atau tiga minggu setelah acara band asal Inggris itu menyerahkan sustainbility report kepada Pemerintah Indonesia.



“Betul-betul diuraikan dengan sangat komprehensif dan itu menjadi pegangan bagi kita untuk bisa kita terapkan setiap penyelenggaraan event,” kata dia.

Di sisi lain, band itu juga menunjukkan kepeduliannya untuk menjaga lingkungan dengan mencoba menurunkan emisi karbon jadi serendah mungkin.

“Inilah yang kita harapkan bahwa event itu bukan hanya soal memperbanyak atau dari aspek kuantitas, tapi kualitas penyelenggara kualitas dapat juga kita harus tekankan,” ujarnya.

Menurut dia, selain untuk menjaga alam dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian dengan lebih positif, hal tersebut juga harus dipahami mengingat promotor sendiri menargetkan 50 ribu orang datang untuk menonton, di mana berdasarkan data PK Entertainment 10 sampai 15 persen di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf: Konser Ed Sheeran perlu perhatikan konsep keberlanjutan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024