Wapres: Kerja sama sosial budaya RI-Selandia Baru penting

id Wapres Ma'ruf Amin,PM Selandia Baru, Christopher Luxon, bilateral RI-Selandia Baru

Wapres: Kerja sama sosial budaya RI-Selandia Baru penting

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu dengan Perdana Menteri Selandia Baru Christopher Luxon dalam rangka pembicaraan hubungan bilateral Indonesia-Selandia Baru di Gedung Parlemen Selandia Baru, Selasa (27/2/2024). (ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden).

Wellington, Selandia Baru (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan perlunya Indonesia dan Selandia Baru saling berbagi pengalaman dalam upaya meningkatkan kerja sama di bidang sosial dan budaya.

Pernyataan itu disampaikan Wapres Ma'ruf saat melakukan kunjungan kehormatan dengan Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Christopher Luxon di Speaker's Lounge New Zealand Parliament Buildings, Selasa.  

"Saya juga melihat pentingnya kerja sama di bidang sosial dan budaya terutama melalui people to people contact guna mendorong masyarakat kedua negara untuk berbagi pengalaman masing-masing dalam memelihara toleransi di tengah masyarakat yang majemuk,” katanya.

Wapres menyampaikan bahwa Indonesia akan membagikan metode Indonesia dalam menggunakan dialog lintas agama dan moderasi beragama untuk perdamaian dunia.  

"Besok di Universitas Victoria, saya akan membagikan pengalaman Indonesia dalam menggunakan dialog lintas agama dan moderasi beragama untuk dapat terus berkontribusi bagi perdamaian dunia," ujarnya.

Wapres juga mengapresiasi berbagai usulan untuk meningkatkan kerja sama Indonesia-Selandia Baru, termasuk dalam bidang industri halal.

"Saya senang mendengar kemitraan komprehensif kedua negara berjalan dengan baik. Kemitraan ini harus terus diperkuat terutama melalui kerja sama perdagangan, investasi, dan pariwisata,” katanya.  

Mengenai kerja sama di sektor halal, Wapres menyatakan bahwa ia akan mengeksplorasi potensi kerja sama dengan pengusaha halal di Selandia Baru.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres tekankan pentingnya kerja sama sosial budaya RI-Selandia Baru