PeaceSantren suarakan pesan damai via musik

id PeaceSantren, ramadhan, pesantren, Gigi, Padi

PeaceSantren suarakan pesan damai via musik

Jajaran Kementerian Agama berfoto bersama dengan personel band Gigi dalam peluncuran program Ramadhan PeaceSantren di Jakarta, Rabu (13/3/2024). ANTARA/Asep Firmansyah

Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Agama menggelar PeaceSantren dalam mengisi bulan suci Ramadhan 2024, demi menyuarakan pesan-pesan perdamaian dan persaudaraan melalui musik dengan menggandeng grup band kenamaan, Gigi dan Padi.
 
"Alhamdulillah, sebagai bagian dari syiar Ramadhan, kami akan menggelar PeaceSantren. Bersama ribuan santri dan masyarakat pesantren, kami akan terus menggaungkan pesan perdamaian dan semangat persaudaraan," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag M. Ali Ramdhani di Jakarta, Rabu.
 
PeaceSantren digelar dalam rupa Roadshow “Ngabuburit Ramadhan 1445 H” yang diselenggarakan secara bergiliran di lima kota di pulau Jawa yakni Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.
 
Pemilihan tuan rumah berdasarkan pada kota-kota yang sangat kental akan budaya pesantren, termasuk tradisi selama Ramadhan.
 
Menurut Dhani, alasan diselenggarakan di pesantren karena komunitas pesantren selama ini berhasil membina keharmonisan dalam kehidupan sosial para santri, meskipun mereka berasal dari kemajemukan asal usul suku, latar belakang, dan karakter.
 
Bahkan, kata dia, komunitas pesantren mampu berbaur dan memberikan banyak efek positif kepada masyarakat sekitarnya.
 
"Belajar dari pesantren inilah kita akan menyebarkan pesan damai kepada seluruh elemen anak bangsa, agar kita kembali hidup rukun dan damai," kata Dhani.
 
Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono mengatakan ada lima pesantren yang akan menjadi tuan rumah PeaceSantren, yaitu Pesantren Az Ziyadah Jakarta Timur (Sabtu, 16 Maret 2024), Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang (Rabu, 20 Maret 2024).
  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag gelar PeaceSantren suarakan pesan damai lewat musik
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024