USAID mendukung riset resimen pengobatan tangani TB anak

id TBC pada anak,Pengobatan untuk tangani TBC,USAID,Hari Tuberkulosis Sedunia,tb

USAID mendukung riset resimen pengobatan tangani TB anak

TB Lead USAID Indonesia dr. Bey Sonata (kanan) pada konferensi pers tentang kolaborasi Amerika Serikat dan Indonesia untuk melawan TB di Kedutaan Besar Amerika, Jakarta, Senin (25/3/2024) dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia. (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)

Jakarta (ANTARA) - Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) mendukung riset pengembangan resimen pengobatan yang lebih efektif untuk menangani tuberkulosis (TB) pada anak.

"Indonesia kebetulan ikut dalam program global untuk mendorong riset ini, utamanya resimen pengobatan TB untuk anak, masih dalam tahap awal, tetapi tujuan utamanya adalah mencari resimen yang terbaik untuk anak-anak, kombinasi obatnya apa, dan durasi paling cepat yang mana," ujar TB Lead USAID Indonesia dr. Bey Sonata di Jakarta, Senin.

Konferensi pers tentang kolaborasi Amerika Serikat dan Indonesia untuk melawan TB diselenggarakan di Kedutaan Besar Amerika, Jakarta, dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia yang jatuh setiap tanggal 24 Maret.

Bey menjelaskan, setelah resimen pengobatan untuk anak ditemukan, maka hasilnya akan diuji coba, sehingga kasus-kasus pada TB anak bisa diterapi dengan obat yang lebih cocok.

"Langkah mencegah TB yang paling efektif sekarang itu menemukan yang sakit dengan cepat, dan mengobatinya sesegera mungkin, juga memastikan pengobatan atau pencegahan itu dapat diterima oleh semua orang yang eligible atau teridentifikasi," katanya.



Selain itu, lanjut dia, pasien yang sudah teridentifikasi memiliki bakteri TB dalam tubuh juga mesti dipastikan bersedia ikut pengobatan sampai sembuh.

"Hanya itu cara yang efektif karena belum ada vaksinnya," ucapnya.

Ia juga menyampaikan, vaksin BCG pada anak untuk mencegah TB selama ini hanya efektif untuk mencegah meningitis atau infeksi otak, tetapi pada orang dewasa belum efektif.

"
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: USAID dukung riset resimen pengobatan untuk tangani TB pada anak
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024