Makanan paling tepat dikonsumsi saat sahur, teliti daftarnya

id Sahur,tips sahur,tips berbuka,makanan untuk sahur,makanan untuk berbuka

Makanan paling tepat dikonsumsi saat sahur, teliti daftarnya

Panitia menyiapkan makanan untuk berbuka puasa sebelum dibagikan kepada warga di Wihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Jakarta, Minggu (17/3/2024). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.

Jakarta (ANTARA) - Praktisi kesehatan masyarakat dr. Ngabila Salama menganjurkan beberapa makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur atau pun berbuka puasa.

Menurutnya, makanan saat sahur sebaiknya makanan yang dapat membuat perut merasa kenyang dan memberikan energi lebih lama.

"Yang pertama itu sup, baik dari sayuran, serat ataupun daging. Selain membuat kenyang terasa lebih lama, makanan-makanan itu dapat hentikan sel-sel di perut memproduksi hormon yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan pada tubuh," kata Ngabila melalui pesan instan di Jakarta, Selasa.

Makanan berjenis sup dengan kuah bening, kata Ngabila, juga mengandung air yang cukup banyak, sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

"Berikutnya itu nasi merah yang memiliki kalori lebih rendah jika dibandingkan nasi putih dan indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih, mi atau pasta," katanya.

Indeks glikemik rendah, lanjut Ngabila, dapat membuat proses penyerapan zat gizi akan lebih lambat pada tubuh dan kenyang terasa lebih lama.

Selanjutnya, ada kacang-kacangan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan juga memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. 

"Contohnya kacang edamame yang dapat membuat kenyang bertahan lama," imbuhnya.
 

Selain itu, mengonsumsi telur yang dimasak matang akan menyehatkan dan membuat merasa kenyang lebih lama. 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Praktisi sampaikan daftar makanan yang tepat dikonsumsi saat sahur
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024