Pengaruhi perilaku anak, pemerintah diminta bersihkan gim berunsur kekerasan

id gim dengan kekerasan,konten negatif,Kak Seto,Seto Mulyadi

Pengaruhi perilaku anak, pemerintah diminta bersihkan gim berunsur kekerasan

Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau Kak Seto. ANTARA/Risky Syukur

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau Kak Seto meminta Kementerian Komunikasi da Informatika (Kemenkominfo) untuk membersihkan gim atau permainan dari kekerasan dan konten negatif karena dapat mempengaruhi perilaku anak.

"Gim maupun konten digital yang mengandung unsur kekerasan harus dibersihkan. Kemenkominfo punya sumber daya untuk melakukan itu. Jangan sampai terlambat," ujar Kak Seto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Ia menambahkan, selain unsur kekerasan, konten negatif lain seperti pornografi dan radikalisme juga perlu dijauhkan dari anak-anak.

Menurutnya, peningkatan kasus perundungan atau bullying di kalangan anak dapat dipicu oleh gim yang mengandung tayangan kekerasan, sehingga dia berharap pemerintah bisa mengambil peran tegas untuk melindungi anak-anak.

"Dalam perkembangannya, anak membutuhkan rangsangan positif supaya bisa membangun karakter baik seperti berakhlak mulia, gotong royong, kompak, dan sejenisnya. Karakter-karakter tersebut bisa tumbuh dari konten atau sumber yang dikonsumsi," tuturnya.

Karakter tersebut, lanjut dia, bisa dilatih melalui buku, lagu, tayangan televisi, sampai gim, sehingga jika konten-konten tersebut memiliki unsur kekerasan, akan menumbuhkan karakter yang negatif pada anak.

"Bullying saat ini sudah bukan ejekan atau verbal saja, tetapi sudah dalam bentuk kekerasan fisik. Bahkan, dalam beberapa kasus sudah sangat tidak manusiawi, geng motor yang berujung kekerasan dan saling serang itu, kondisinya mirip dengan adegan atau tayangan di sejumlah gim atau film," paparnya.

Untuk itu dia mengatakan pemerintah, khususnya Kemenkominfo harus segera bertindak tegas.

Sementara itu, Psikolog Stenny Prawitasari mengungkapkan beberapa gim yang memadukan unsur video dengan elemen bertahan hidup, tetapi juga memiliki unsur pertempuran memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan mental dan emosional anak-anak.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kak Seto: Gim dengan kekerasan dan konten negatif mesti dibersihkan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024