Festival Rimpu Mantika 2024 promosikan potensi tiga daerah gaet wisatawan

id Festival Rimpu Mantika 2024,Kota Bima,NTB,Pemkot Bima

Festival Rimpu Mantika 2024 promosikan potensi tiga daerah gaet wisatawan

Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), H. Mohammad Rum. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Mohammad Rum berharap Festival Rimpu Mantika yang digelar pada 25-27 April 2024 menjadi momentum penting dalam memperkenalkan kekayaan budaya dan potensi pariwisata di tiga daerah, yakni Kota Bima, Dompu dan Kabupaten Bima.

"Festival Rimpu Mantika 2024 menjadi momentum penting dalam memperkenalkan kekayaan budaya dan potensi pariwisata dari ketiga wilayah," ujarnya melalui keterangan tertulis di Mataram, Minggu.

Mohammad Rum menawarkan konsep kerja sama Hu'u- Lawata-Sangiang dalam rangkaian pelaksanaan Kalender Event Nasional (KEN) "Festival Rimpu Mantika 2024". Dalam konsep tersebut melibatkan kerja sama antara Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu untuk memperkuat hubungan budaya, ekonomi, dan sosial.

Dalam konteks kegiatan ini, Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Dompu perlu bekerja sama karena ketiga wilayah memiliki kesamaan budaya dalam hal komoditas lokal tenunan penunjang utama "Pawai Rimpu Mantika 2024". Tak hanya itu, ketiga daerah memiliki keunikan dan kekhasan masing-masing dalam hal corak dan warna produk tenunan.

"Kota Bima memiliki produk Tembe Nggoli dan Salungka Mbojo, Kabupaten Bima dengan Tembe Nggoli Renda, Tembe Donggo dan Tembe Bugis, sementara Kabupaten Dompu memiliki Produk unggulan tenunan Muna Pa'a," terangnya.