KPU RI jaga data pemilih Pilkada 2024 hindari kebocoran

id Kementerian Dalam Negeri,KPU RI,Betty Epsilon Idroos,Data Pemilih,Pilkada Serentak 2024,Tito Karnavian

KPU RI jaga data pemilih Pilkada 2024 hindari kebocoran

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Betty Epsilon Idroos memberikan keterangan kepada wartawan usai menjadi saksi untuk tujuh terdakwa kasus dugaaan tindak pidana pemilihan umum (pemilu) terkait penambahan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kuala Lumpur, Malaysia di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (18/3/2024). ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/aww (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan akan menjaga data pemilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Hal itu disampaikan Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos merespons pernyataan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang meminta KPU mencegah terjadinya kebocoran data pemilih Pilkada 2024.



"Yang pasti itu (peringatan dari Mendagri), jadi catatan kita bersama. Yang kemarin kan belum keluar hasilnya, kita masih menunggu juga," kata Betty di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis.

Dia menjelaskan, KPU memang sudah bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) hingga Polri untuk bentuk satuan tugas (satgas) keamanan siber.

Saat ditanya apakah KPU bisa menjamin tidak akan terjadi kebocoran data pemilih karena sudah ada sistem keamanan, ia menyatakan, KPU akan berusaha semaksimal mungkin menjaga data pemilih.

"Mudah-mudahan dengan bantuan semua pihak, kita bisa menjaga data pemilih sebaik mungkin. Kita usahakan, insyaallah," ujarnya.

Kemendagri menyerahkan DP4 yang berisikan data lengkap 207.110.768 warga negara. Jumlah tersebut terdiri atas 103.228.748 laki-laki dan 103.882.020 perempuan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU pastikan jaga data pemilih Pilkada 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024