Wisatawan banjiri Gunung Bromo, Jatim

id Kota Malang, Balai Besar TNBTS, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru,Kunjungan Wisatawan, Libur Panjang,Kenaikan Isa Alma

Wisatawan banjiri Gunung Bromo, Jatim

Foto arsip. Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur. ANTARA/Vicki Febrianto.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo, Jawa Timur, mencapai 8.525 orang pada masa libur panjang peringatan Kenaikan Isa Almasih.

Ketua Tim Data Evaluasi Kehumasan Balai Besar TNBTS, Hendra, di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu mengatakan, jumlah kunjungan di kawasan Gunung Bromo mengalami lonjakan pada 9 Mei 2024, dengan jumlah pengunjung lebih dari 3.000 orang.

"Pada masa libur panjang kali ini, kunjungan tertinggi pada 9 Mei 2024, mencapai 3.822 wisatawan," kata Hendra.

Hendra menjelaskan, dari total jumlah kunjungan mencapai 3.822 orang pada 9 Mei 2024 tersebut, terdiri dari wisatawan nusantara sebanyak 3.746 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 76 orang.

Sementara pada 10 Mei 2024, lanjutnya, jumlah kunjungan wisatawan tidak setinggi hari sebelumnya, yakni sebanyak 2.604 orang terdiri dari 2.564 wisatawan nusantara dan 40 wisatawan mancanegara.

"Sementara pada 11 Mei 2024, jumlah kunjungan sebanyak 2.099 orang, dengan rincian 120 wisatawan mancanegara dan 1.979 wisatawan nusantara," katanya.

Ia menambahkan, dengan adanya lonjakan wisatawan yang berkunjung ke kawasan Gunung Bromo khususnya pada 9 Mei 2024 tersebut, Balai Besar TNBTS menambah jumlah kuota kunjungan wisatawan yang dalam kondisi normal ditetapkan sebanyak 2.752 orang per hari.

Penambahan kuota kunjungan wisatawan tersebut, lanjutnya, dilakukan pada jam tertentu setelah ada wisatawan yang keluar dari kawasan taman nasional. Skema tersebut, sudah diterapkan Balai Besar TNBTS pada masa libur Lebaran beberapa waktu lalu.

Saat itu, untuk wisatawan yang akan melihat matahari terbit di kawasan Gunung Bromo dan masuk ke taman nasional pada dini hari, dibuka seperti biasa dengan jumlah kuota sebanyak 2.752 orang.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kunjungan wisatawan Gunung Bromo capai 8.525 orang saat libur panjang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024