Sleman melakukan langkah preventif penyakit thalasemia pada anak

id Penyakit Thalasemia ,Pemkab Sleman ,Sleman

Sleman melakukan langkah preventif penyakit thalasemia pada anak

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menghadiri Peringatan Hari Thalasemia Sedunia Kabupaten Sleman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Senin (20/5/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta terus melakukan berbagai upaya dan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan sebagai upaya preventif terhadap penyakit thalasemia pada anak.

"Pemkab Sleman mendukung setiap edukasi kesehatan kepada masyarakat terkait penyakit thalasemia dan terus mendorong berbagai upaya preventif thalasemia pada anak melalui skrining thalasemia dan pemeriksaan darah," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Senin.

Kustini menyatakan hal tersebut pada Peringatan Hari Thalasemia Sedunia Kabupaten Sleman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo juga membuka secara langsung acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Thalasemia Sedunia 2024 bekerja sama dengan Yayasan Astagina Adi Cahya dan Komunitas Cakrawala Muda.

"Setiap keluarga diimbau agar menjadi seseorang yang selalu mendukung, memberi semangat dan motivasi serta memberikan edukasi terkait penyakit thalasemia ke lingkungan masing-masing," katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman juga memberikan perhatian penuh bagi kesehatan masyarakat serta memberikan layanan kesehatan yang tersedia dengan lengkap dan terjangkau pada setiap puskesmas di seluruh kapanewon (kecamatan).

"Dibutuhkan komunikasi dan koordinasi antarpemangku kepentingan untuk memberikan perhatian pada hal-hal yang menjadi permasalahan dalam penanganan dan pencegahan thalasemia. Upaya ini tentu untuk mewujudkan Zero Thalasemia khususnya di Sleman," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Kustini juga menyerahkan paket kasih kepada anak-anak penyintas thalasemia.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sleman Sri Purnomo, Ketua Baznas Sleman Kriswanto dan Dokter RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dr Sri Mulatsih yang sekaligus menyampaikan materi terkait penanganan dan pencegahan Thalasemia pada anak.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024