Wakil Bupati Sleman mengukuhkan 50 Kader Bela Negara

id Kader Bela Negara ,Wabup Sleman ,Badan Kesbangpol Sleman ,Sleman

Wakil Bupati Sleman mengukuhkan 50 Kader Bela Negara

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengukuhkan 50 Kader Bela Negara Kalurahan (setingkat desa) Girikerto, Kapanewon (Kecamatan) Turi di Kantor Kalurahan Girikerto, Rabu (29/5/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Danang Maharsa mengukuhkan 50 Kader Bela Negara Kalurahan (setingkat desa) Girikerto, Kapanewon (Kecamatan) Turi di Kantor Kalurahan Girikerto, Rabu.

Kegiatan yang diinisiasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman ini mengangkat tema "Sadar Akan Bela Negara untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan bangsa Pasca Pemilu 2024".

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Kalurahan Girikerto ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkembangkan kesadaran bela negara bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Pamong Kalurahan, Satuan Perlindungan Masyarakat dan Generasi Muda.

Danang Maharsa menyebut bahwa Kader Bela Negara memiliki tugas yang cukup berat sekaligus mulia, yakni memberikan contoh dan mengajak seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan dan sikap bela negara dalam kehidupan sehari-hari.

"Bela negara saat ini tidak harus dengan angkat senjata seperti dulu. Realisasi nilai-nilai Bela Negara dapat kita lakukan dari hal-hal yang sederhana, dimulai dari diri sendiri dan dari lingkungan terdekat kita," katanya.

Menurut dia, bela negara merupakan upaya mewujudkan rasa cinta tanah air dengan terus menumbuhkan wawasan kebangsaan terutama melalui edukasi kewarganegaraan.

Dengan upaya tersebut diharapkan masyarakat memiliki sikap dan perilaku bela negara yang dilandasi rasa kebangsaan, cinta tanah air dan semangat untuk rela berkorban.

"Diharapka Kader Bela Negara juga dapat mendukung pihak terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing," katanya.

Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman Budi Santosa mengatakan bahwa kader yang dikukuhkan sebanyak 50 orang, terdiri dari perwakilan Pamong Kalurahan, Satuan Perlindungan Masyarakat dan generasi muda se-Kalurahan Girikerto.

"Kegiatan ini didahului dengan Pelatihan Dasar yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 27 sampai 29 Mei 2024," katanya.

Kegiatan ini turut menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kodim 0732/Sleman, Polresta Sleman, Bagian Hukum Setda Sleman, Bagian Pemerintahan Setda Sleman, Panewu (Camat) Turi, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" , Pusat Studi Pancasila UGM dan KPU Kabupaten Sleman.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024