Jaga kesehatan kulit pria tatkala cuaca panas, simak caranya

id Kesehatan kulit,Cuaca panas,Kulit pria,Dokter spesialis kulit

Jaga kesehatan kulit pria tatkala cuaca panas, simak caranya

Ilustrasi - Tabir surya. (ANTARA/HO-Sutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kulit dr. Azmi Fadhlih, SpDVE membagikan kiat menjaga kesehatan kulit pria saat menjalani aktivitas sehari-hari di tengah cuaca panas.

"Selain itu, kulit sehat juga tidak disertakan sensasi gatal atau perih karena iritasi,” kata Azmi dalam keterangan resmi yang diterima pada Rabu.

Simak lima kiat menjaga kesehatan kulit bagi pria saat cuaca panas yang dibagikan dr. Azmi Fadhlih, SpDVE:

Terapkan perawatan kulit dasar

Azmi menekankan perawatan kulit dasar (basic skincare) menjadi kunci dalam menjaga kesehatan kulit. Perawatan kulit dasar dapat dimulai dengan mencuci muka sebanyak dua kali dalam sehari menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.

Gunakan tabir surya setiap 2-3 jam sekali

Cuaca panas dan paparan sinar UV dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan kulit. Oleh karenanya, tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Azmi menganjurkan tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30 PA+++ dan memakainya setiap 2 sampai 3 jam sekali untuk perlindungan optimal, meskipun beraktivitas dalam ruangan.

Pilih produk skincare yang sesuai dengan kondisi kulit

Azmi mengingatkan saat memilih produk skincare, jangan lupa memperhatikan kandungan dan kecocokannya dengan jenis kulit.

“Untuk kulit berminyak, pilihlah produk non-comedogenic untuk menghindari terbentuknya jerawat. Bagi yang memiliki kulit sensitif, hindari produk yang mengandung pewangi agar tidak menyebabkan iritasi. Sedangkan bagi yang punya kulit kering, pilihlah produk dengan kandungan pelembap yang tinggi,” ujar Azmi.
.
Lengkapi perawatan dengan produk skincare lainnya

Perawatan kulit dasar untuk pria bisa dimulai dengan menggunakan sabun cuci muka, pelembap dan tabir surya.

Di sisi lain, tidak ada salahnya melengkapi tahapan perawatan kulit tersebut dengan produk skincare lainnya sesuai kebutuhan khusus kulit.

Perhatikan deskripsi produk dan pastikan produk mengantongi izin BPOM

Saat berbelanja produk skincare secara daring, Azmi menganjurkan untuk membaca deskripsi produk terlebih dahulu.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter bagikan kiat menjaga kesehatan kulit pria saat cuaca panas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024