BRIN uji terbang radar resolusi tinggi di Indonesia

id brin,radar resolusi tinggi,radar ciptaan brin,teknologi radar,pesawat tanpa awak,sistem sar,radar sar

BRIN uji terbang radar resolusi tinggi di Indonesia

Farohaji Kurniawan (kedua kiri) bersama timnya sedang mengatur sistem untuk uji coba teknologi radar resolusi tinggi pada robot. ANTARA/HO-BRIN

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terus menyempurnakan radar resolusi tinggi berupa synthetic aperture radar (SAR) agar dapat segera diuji terbang menggunakan pesawat tanpa awak.
 
"Tahun ini kami juga sudah melakukan pengujian dari atas gedung dan merencanakan uji terbang menggunakan pesawat tanpa awak antara akhir 2024 atau awal 2025," kata Peneliti Pusat Riset Teknologi Penerbangan BRIN Farohaji Kurniawan di Jakarta, Rabu.
 
Uji terbang SAR butuh persiapan yang cukup kompleks. Tim peneliti tidak hanya mempersiapkan pesawat pengangkut tanpa awak, tetapi juga perlu mempersiapkan dengan detail dan jelas terkait penempatan rute maupun lokasi terbang serta hal-hal teknis lainnya.
 
Farohaji mengatakan teknologi SAR merupakan sebuah sistem untuk memotret objek layaknya kamera dengan menggunakan gelombang mikro yang disintesiskan menjadi sebuah citra dengan resolusi sangat tinggi.
 
SAR mampu memotret saat siang, malam, berawan, berkabut, bahkan dalam kondisi hujan. Sistem ini dapat bekerja pada keadaan apapun dan dapat diaplikasikan pada berbagai wahana.
 
Menurut dia, teknologi radar resolusi tinggi ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang mulai dari militer, pertanian, kebencanaan, maritim, maupun keamanan negara.
 
"Teknologi ini juga dapat diimplementasikan pada berbagai wahana, seperti satelit, pesawat, drone, pesawat nirawak, dan lain sebagainya. Saat ini pengembangan terus dilakukan menggunakan wahana darat demi keamanan dan hasil yang lebih sempurna," katanya.
  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN segera uji terbang radar resolusi tinggi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024