Pemerintah mengajak warga dongkrak budaya membaca di Indonesia

id Hari Buku Nasional,meningkatkan literasi,gemar membaca,pendidikan,Kemdikbudristek

Pemerintah mengajak warga dongkrak budaya membaca di Indonesia

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud Ristek Hafidz Muksin (kanan) membacakan buku cerita kepada anak-anak dalam kegiatan "Aksi Bulan Buku Nasional 2024" di Titik Nol Kilometer Yogyakarta. (ANTARA/HO-Badan Bahasa Kemendibudristek)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengajak masyarakat untuk meningkatkan kegemaran membaca lewat kegiatan membaca bersama di ruang publik.

"Kami mengajak, menginisiasi, dan memotivasi masyarakat untuk gemar membaca," kata Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud Ristek Hafidz Muksin, dalam keterangan, di Jakarta, Senin.



Upaya ini penting mengingat latar belakang pendidikan di Indonesia yang saat ini sedang menghadapi tantangan serius.

"Dalam bidang literasi dan numerasi, hasil asesmen nasional tahun 2022 dan data PISA (Pusat Informasi Sahabat Anak) selama 10 tahun terakhir menunjukkan bahwa peserta didik di Indonesia memiliki kemampuan di bawah kompetensi minimal," kata Hafidz Muksin.

Dalam rangka peringatan Hari Buku Nasional 2024, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemdikbudristek  menggelar kegiatan "Aksi Bulan Buku Nasional 2024" di Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

Ada tiga kegiatan dalam "Aksi Bulan Buku Nasional 2024" tersebut.

Kedua, penghibahan buku-buku terbitan internal Kemendikbudristek dan penerbit umum.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemdikbudristek ajak masyarakat tingkatkan budaya membaca
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024