Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka menyiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja

id lldikti x,kampus merdeka,program mbkm,MBKM,LLDikti,Kemendikbudristek,Merdeka Belajar,Lapangan Kerja

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka menyiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X Afdalisma. ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X Afdalisma mengatakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ditujukan untuk menyiapkan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja.

"Selain menambah pengalaman mahasiswa selama mengikuti MBKM, program ini juga mempersiapkan mahasiswa agar lebih siap memasuki dunia kerja setelah tamat," kata Afdalisma di Padang, Senin.

Tidak hanya itu, katanya, program MBKM juga ditujukan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi mahasiswa. Sebab, Kemendikbudristek merancang MBKM guna meningkatkan keterampilan praktis sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Setiap mahasiswa yang mengikuti program MBKM secara otomatis mendapatkan pengalaman belajar yang relevan dengan mata kuliah. Mahasiswa juga terlibat langsung dalam proyek sesuai bidang studi yang dipelajari selama di perguruan tinggi.

"Ini tidak hanya mengasah kemampuan teknis mereka tetapi juga mengembangkan soft skill seperti komunikasi, kolaborasi dan manajemen waktu," ujar Afdalisma yang juga Plt LLDikti Wilayah XVII tersebut.

.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024