Solo, Jateng, jadi tempat pergelaran Konferensi SEAPAVAA ke-28

id SEAPAVAA, arsip audiovisual,ANRI,Arsip Nasional

Solo, Jateng, jadi tempat pergelaran Konferensi SEAPAVAA ke-28

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto (dua dari kiri) di Solo, Jawa Tengah, Senin (10/6/2024). ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) - Kota Solo, Jawa Tengah, terpilih menjadi tempat penyelenggaraan Konferensi SouthEast Asia-Pacific Audio Visual Archive Association (SEAPAVAA) ke-28 Tahun 2024.

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto di Solo, Jawa Tengah, Senin, mengatakan Solo dipilih karena memiliki kekayaan koleksi arsip audiovisual.

"Solo menjadi kota pionir untuk pengelolaan, ada Lokananta dan banyak seniman yang menghasilkan arsip audiovisual," katanya.

Selain itu, pemilihan kota ini juga dilatarbelakangi karena Solo merupakan salah satu kota budaya di Indonesia yang memiliki kekuatan tradisi perdagangan dan industri tua yang layak dikenalkan kepada peserta konferensi yang tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga negara-negara ASEAN dan Pasifik.



Ia mengatakan nantinya akan ada lebih dari 100 tamu asing yang datang ke Kota Solo. Ia berharap kegiatan tersebut memberikan kontribusi dan masukan agar masyarakat lebih peduli dalam pengelolaan arsip audiovisual.

"Arsip audiovisual sangat berharga untuk pendidikan masyarakat karena saat ini arsip audiovisual mengalami ancaman dari kerusakan," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Solo terpilih jadi tempat penyelenggaraan Konferensi SEAPAVAA ke-28