Naskah Nusantara prioritas arah kebijakan Perpusnas 2025

id Perpusnas,Komisi x dpr

Naskah Nusantara prioritas arah kebijakan Perpusnas 2025

Tangkapan layar- Paparan Perpusnas dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR RI dengan agenda membahas RKA-K/L dan RKP K/L Tahun 2025 di Kompleks Parlemen pada Kamis (13/6/2024). (ANTARA/Hana Kinarina)

Jakarta (ANTARA) -
Pelaksana tugas Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Aminudin Azis menekankan pengarusutamaan naskah Nusantara dalam arah kebijakan 2025 guna memelihara sekaligus mengembangkan pemanfaatan koleksi naskah kuno.
 
Aminudin menyampaikan penekanan tersebut dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR RI dengan agenda membahas RKA-K/L dan RKP K/L Tahun 2025.
 
“Kemudian yang kedua, program pengarusutamaan naskah Nusantara. Saya jelaskan mulai tahun ini kami betul-betul memulai dengan program baru yang jauh lebih besar dalam hal pemeliharaan, pengembangan, sekaligus konservasi,” ujar Aminudin di Kompleks Parlemen pada Kamis.
 
Lebih lanjut, ia menyebutkan pihaknya hingga awal bulan Maret telah berhasil mengakuisisi naskah Sunda kuno sebanyak 561, dengan target awal hanya mengakuisisi sekitar 150.
 
 
Dengan demikian, ia menyimpulkan pihaknya telah berhasil mengakuisisi 4x lipat lebih banyak naskah kuno dari target awal yang ditetapkan.

Sementara untuk target lain berkenaan dengan pengarusutamaan naskah Nusantara, pihaknya juga optimis dapat melakukan perubahan yang jauh lebih besar, mulai dari identifikasi, akuisisi maskah kuno, percepatan digitalisasi naskah Nusantara, peningkatan mutu tenaga pelestarian, metadata naskah, alih aksara, serta alih bahasa dan diteliti sebagai Ingatan Kolektif Nasional (IKON).
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perpusnas utamakan naskah Nusantara dalam arah kebijakan 2025 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024