Jokowi berikan sapi kurban kepada Masjid Baiturrahman Semarang

id Presiden joko widodo,jokowi,Sapi kurban,idul adha 1445 H

Jokowi berikan sapi kurban kepada Masjid Baiturrahman Semarang

Presiden Joko Widodo (kanan) menyerahkan sapi kurban ke Masjid Baiturrahman, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (17/6/2024). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan hewan kurban kepada Masjid Baiturrahman, Kota Semarang, Senin.

Sapi berjenis simental dengan berat sekitar 1.250 kilogram itu diserahkan Jokowi kepada panitia kurban Masjid Baiturrahman, pada momentum Idul Adha 1445 H, demikian keterangan tertulis Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

"Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini saya serahkan hewan kurban kami berupa seekor sapi kepada panitia penyelenggara Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahman Semarang sebagai ibadah kurban keluarga kami, untuk disembelih dan dibagikan dagingnya kepada yang berhak. Semoga Allah menerima ibadah ini," tutur Jokowi.
 

Sebelumnya, Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana melaksanakan shalat Idul Adha di Lapangan Simpang Lima, Semarang, yang tidak jauh lokasinya dari Masjid Baiturrahman.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di lokasi sekitar pukul 06.05 WIB dan langsung menuju saf yang disediakan.

Presiden Jokowi turut melantunkan takbir dan tahmid bersama jemaah lainnya yang dipimpin oleh Ustaz Muhammad Yusuf.

Tepat pukul 06.25 WIB, shalat Idul Adha dilakukan dengan dipimpin oleh imam K.H. Zaenuri Ahmad Al Hafiz, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qur’ani Semarang.

Selesai shalat, Presiden Jokowi menyimak khotbah yang disampaikan oleh khatib Hasyim Asy'ari yang juga Ketua Komisi Pemilihan Umum RI. Khotbah yang disampaikan bertema "Kurban Sebagai Ujian Keimanan".

Dalam khotbahnya, khatib menyampaikan bahwa Hari Raya Idul Adha mengingatkan pada kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS.
 

Saat itu turun perintah dari Allah kepada Nabi Ibrahim untuk melakukan kurban dengan menyembelih anak kandung satu-satunya yaitu Ismail. Nabi Ibrahim AS, dengan penuh ketaatan dan kepatuhan bersedia melaksanakan perintah itu.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Jokowi serahkan sapi kurban ke Masjid Baiturrahman Semarang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024