Sesuai mekanisme, penyaluran bantuan pangan di Bantul, DIY

id Bapanas,Bantuan Pangan,Bantuan Beras,Ombudsman

Sesuai mekanisme, penyaluran bantuan pangan di Bantul, DIY

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo (Kiri) dan Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika (Kanan) saat melakukan peninjauan penyaluran bantuan pangan di Kantor Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Rabu (19/6/2024). ANTARA/Maria Cicilia Galuh

Bantul, Yogyakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo mengatakan, penyaluran bantuan pangan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta, berjalan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

"Kita mengecek bagaimana pelaksanaan di lapangan. Jadi terkait dengan bantuan pangan tentunya adalah penugasan terhadap Bulog, kemudian Bulog mendistribusikan melalui beberapa perusahaan, salah satunya PT Pos, kemudian mengecek by name, by address, by picture," ujar Arief di Kantor Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Rabu.

Dalam peninjauan ini, Bapanas melihat Pemerintah Daerah (Pemda) telah melakukan verifikasi dan validasi KPM yang datanya didapatkan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Arief menyampaikan, verifikasi dan validasi ini sangat diperlukan agar bantuan pangan bisa tepat sasaran. Oleh karena itu, perangkat desa seperti RT dan RW diharapkan secara berkelanjutan bisa melakukan pembaruan data.

"Yang paling mengerti warganya, yang paling mengerti mampu tidak dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Maka dari bawah ini bisa memberikan masukan, misalnya ada warganya yang sudah meninggal, masa bulan depannya mau dikasih lagi," kata kata Arief.

Arief bersama Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika melakukan pengecekan alur distribusi bantuan pangan, mulai dari proses pengecekan data, pengambilan foto hingga memeriksa kualitas beras yang disalurkan.

Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp9 triliun untuk melanjutkan bantuan pangan beras 10 kilogram (kg) bagi 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bapanas: Penyaluran bantuan pangan di Bantul telah sesuai mekanisme
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024