Masyarakat pesisir Bantul dilatih cara beri bantuan hidup dasar

id Pelatihan Bantuan Hidup Dasar ,Masyarakat pesisir Bantul ,Polres Bantul

Masyarakat pesisir Bantul dilatih cara beri bantuan hidup dasar

Masyarakat pesisir pantai Samas Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta ikuti Pelatihan Bantuan Hidup Dasar dari Polres Bantul. Kamis (20/6/2024) (Foto ANTARA/HO/Humas Polres Bantul)

Bantul (ANTARA) - Masyarakat pesisir Pantai Samas Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti pelatihan tentang tata cara memberikan bantuan hidup dasar (BHD) yang diadakan Sidokkes Kepolisian Resor (Polres) setempat dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78.

"Tujuan pelatihan BHD ini untuk meningkatkan keterampilan warga dalam menangani kasus-kasus dengan kegawatdaruratan, khususnya dalam memberikan bantuan hidup dasar di saat bantuan medis belum ada," kata Kasidokkes Polres Bantul Ida Wahyuningsih dalam keterangannya di sela pelatihan di Bantul, Kamis.



Menurut dia, materi latihan yang diberikan, antara lain terkait pertolongan dengan cepat agar pasokan oksigen tetap terjaga pada korban yang tidak sadarkan diri sebelum bantuan lanjutan datang.

Selain pelatihan BHD, kata dia, Polres Bantul juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat pesisir Pantai Samas, Kelurahan Srigading, Kecamatan Sanden.

"Kami juga memberikan pelayanan kesehatan, di antaranya pemeriksaan tensi darah, konseling kesehatan dan pemberian obat-obatan secara gratis," katanya.

Sementara itu, Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta mengatakan kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, tetapi sebagai wujud nyata dari komitmen Polri untuk selalu hadir dan peduli terhadap kesehatan masyarakat.

"Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, kami ingin menunjukkan bahwa Polri bukan hanya sebagai penegak hukum, tetapi juga sebagai pelayan dan pelindung masyarakat," kata Kapolres.



Pihaknya berharap melalui kegiatan ini Polri dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Bantul.

"Kami komitmen untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. Semoga yang kita lakukan hari ini dapat memberikan dampak positif dan meningkatkan kepercayaan serta hubungan baik antara Polri dan masyarakat," katanya.