Menaker minta dunia usaha di Indonesia serap kompetensi lewat program magang

id Program magang,Kompetensi,Pekerja,Ketenagakerjaan,Pemagangan

Menaker minta dunia usaha di Indonesia serap kompetensi lewat program magang

Menaker Ida Fauziyah (tengah, berbatik merah) saat mengunjungi BCA Learning Institute (BLI) di Sentul, Bogor, Jawa Barat dalam rangka memantau secara langsung program magang yang diselenggarakan institut tersebut pada Jumat (28/6/2024). (ANTARA/HO-Kemnaker)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengajak dunia usaha menyerap kompetensi dan meningkatkan kemampuan atau skill calon pekerja lewat program magang.

"Penyiapan skill dan kompetensi itu tidak bisa hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, tetapi juga dunia usaha dan dunia industri," kata Ida dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.   

Ida mengemukakan hal tersebut saat mengunjungi BCA Learning Institute (BLI) di Sentul, Bogor, Jawa Barat dalam rangka mengapresiasi dan memantau secara langsung program magang yang diselenggarakan institut tersebut.

"Kunjungan ini juga merupakan kesempatan bagi kami untuk melihat secara langsung bagaimana proses pemagangan yang dilaksanakan di BLI BCA," ujar dia.  

Ida mengemukakan, Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan ketenagakerjaan, di antaranya bonus demografi, ketidakcocokan sumber daya manusia (SDM) dengan lowongan kerja yang tersedia, serta perkembangan industri di era digital.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menaker ajak dunia usaha serap kompetensi lewat program magang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024