Bupati Bantul : Penting menjaga dan menghargai warisan budaya

id Grebeg Ingkung ,Warisan budaya ,Kebudayaan

Bupati Bantul : Penting menjaga dan menghargai warisan budaya

Bupati Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Abdul Halim Muslih (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih mengingatkan masyarakat kabupaten ini tentang pentingnya menjaga dan menghargai warisan budaya serta jasa para pendahulu dalam membangun daerah ini.

"Kebudayaan mengajarkan kita harus berterima kasih kepada orang-orang yang berjasa besar terhadap kita," kata Bupati Bantul dalam sambutannya pada kegiatan budaya Grebeg Ingkung di Desa Sitimulyo, Bantul, Kamis.

Menurut dia, upaya menghargai dan menjaga warisan budaya leluhur itu selain diwujudkan dalam kirab budaya juga dengan ziarah ke makam Bupati Bantul pertama yaitu KRT Mangunnegoro, juga ke makam Bupati Bantul lainnya terdahulu.

"Sehingga ini akan membawa semangat kepada diri kita para penyelenggara pemerintah saat ini untuk senantiasa mengingat amanat atau pesan dari para pendahulu kita," katanya.

Dia mengatakan kirab Grebeg Ingkung tersebut merupakan bagian dari upacara tradisi di Pedukuhan Pagergunung Sitimulyo yang melambangkan rasa syukur masyarakat atas berbagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Dia juga mengatakan kebersamaan dalam upacara tersebut diikuti seluruh warga Pagergunung, sesuai dengan ajaran kebudayaan lokal yang mengajarkan tentang gotong royong dan kebersamaan.

Sementara itu, Lurah (Kepala Desa) Sitimulyo H. Juweni mengatakan grebeg Ingkung ini memiliki makna yang lebih mendalam. Kegiatan budaya ini telah dimulai dengan pasar malam di hari sebelumnya untuk menyemarakkan acara.

"Tradisi ini bukan hanya tentang mempertahankan warisan leluhur, tetapi juga sebagai langkah untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong yang mulai tergerus oleh kemajuan teknologi dan perubahan zaman," katanya.

Dia mengatakan Kelurahan Sitimulyo belum lama ini telah ditetapkan sebagai Desa Mandiri Budaya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul, ini menunjukkan komitmen kuat untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah.

"Acara grebeg Ingkung dan ziarah ke makam bupati ini tidak hanya sebagai perayaan semata, tetapi momentum untuk mengenang jasa para pendahulu serta mengambil inspirasi dan semangat dalam membangun daerah ini ke arah yang lebih baik," katanya.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024