Pemkab Sleman memperbaiki sejumlah jalan dukung pertumbuhan ekonomi

id DPUPKP Sleman ,Perbaikan jalan ,Sleman

Pemkab Sleman memperbaiki sejumlah jalan dukung pertumbuhan ekonomi

Ilustrasi - Perbaikan jalan di Sleman. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan di wilayahnya, untuk mendukung konektivitas dan aksesibilitas serta keamanan, agar dapat semakin mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

"Perbaikan jalan tersebut meliputi ruas Sidorejo-Kemasan, Ngangkruk-Babadan dan Blembem-Tanen, Kemusu-Seyegan, Karanggeneng-Pagerjurang dan Banjarsari-Butuh," kata Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman Suwarsono, di Sleman, Rabu.

Menurut dia, untuk perbaikan ruas jalan tersebut dialokasikan anggaran sebesar Rp21,8 miliar, meliputi Rp7,1 miliar dari APBD Sleman untuk perbaikan ruas Kemusu-Seyegan; Karanggeneng-Pagerjurang dan Banjarsari-Butuh.

"Kemudian anggaran bersumber dari DAK sebesar Rp14,58 miliar dipergunakan untuk perbaikan di ruas Sidorejo-Kemasan, Ngangkruk-Babadan dan Blembem-Tanen yang saat ini sudah mulai dikerjakan," katanya.

Ia mengatakan, dengan program perbaikan jalan ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan aksesbilitas masyarakat dan juga untuk memberikan rasa aman sehingga risiko kecelakaan dapat dikurangi.

"Perbaikan jalan ini juga sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi, dikarenakan aksesibilitas yang semakin lancar," katanya lagi.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meminta kepada jajarannya untuk bergerak cepat pada saat ada laporan jalan rusak.

Respons cepat bisa dilakukan dengan melakukan penambalan, sehingga tidak membahayakan pengguna jalan yang melintas.

"Selain itu, agar terus dilakukan monitoring dan pemeliharaan jalan secara berkala," katanya pula.

Menurut dia, saat ini ada 52 ruas sepanjang 166,1 kilometer ruas jalan kabupaten yang menyangga jalan nasional, provinsi ataupun menuju jalur-jalur pariwisata.

"Kondisi kelayakan jalan bagus, karena mencapai 80-100 persen," katanya lagi.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024