Indonesia-Filipina perkuat kerja sama pendidikan

id Kemendikbudristek

Indonesia-Filipina perkuat kerja sama pendidikan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memperkuat kerja sama bidang pendidikan antara Indonesia dengan Filipina melalui Joint Working Group (JWG) di Bali pada Selasa (23/7/2024). (ANTARA/HO-BKHM Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memperkuat kerja sama bidang pendidikan antara Indonesia dengan Filipina melalui Joint Working Group (JWG).
 
Dalam rilis yang disiarkan oleh Kemendikbudristek di Jakarta, Rabu, Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemendikbudristek Tatang Muttaqin mengatakan JWG dilakukan bersama dengan tiga lembaga pendidikan Filipina, yaitu the Commission on Higher Education (CHED), the Department of Education (DepEd), dan the Technical Education and Skills Development Authority (TESDA).
 
“Kemendikbudristek telah melakukan transformasi besar di bawah payung kebijakan Merdeka Belajar. Melalui Merdeka Belajar, kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih fleksibel, inklusif, dan memberdayakan, baik bagi siswa maupun guru di Indonesia,” ujarnya.
 
 
Ia menambahkan bahwa forum JWG tersebut merupakan wadah bagi lembaga pendidikan kedua negara untuk mengevaluasi dan memperbarui kerja sama yang terjalin, mengingat selama lima tahun terakhir telah terjadi berbagai perubahan dalam sistem pendidikan Indonesia maupun Filipina.
 
Tatang mengatakan perubahan tersebut berkaitan erat dengan transformasi pendidikan dan akselerasi penggunaan teknologi dalam sektor pendidikan saat pandemi COVID-19.
 
Ia menyampaikan bahwa pihaknya juga ingin belajar dari Filipina mengenai bagaimana menghasilkan tenaga kerja yang terampil di bidang keperawatan dan pertanian.
 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek perkuat kerja sama pendidikan dengan Filipina
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024