Dua rangkaian kereta otonom dioperasikan di IKN, Kaltim

id Menteri Perhubungan ,Menhub ,Budi Karya Sumadi ,Kereta otonom,ART,IKN ,Ibu kota Nusantara

Dua rangkaian kereta otonom dioperasikan di IKN, Kaltim

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan keterangan kepada awak media di Jakarta, Rabu (31/7/2024). ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan dua rangkaian kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) dioperasikan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Ada tiga rangkaian, dua rangkaian yang dioperasikan dan satu rangkaian sebagai cadangan," ujar Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan bahwa saat ini rangkaian ART yang sudah datang ke Indonesia yakni satu rangkaian kereta.

ART tersebut akan berputar dari Sumbu Kebangsaan, Sumbu Barat, Sumbu Timur. Kementerian Perhubungan berencana melakukan uji coba ART di IKN pada 5 Agustus 2024.

Budi Karya Sumadi sendiri berharap ada pihak swasta dalam negeri yang mau bekerja sama dengan pihak China atau membeli ART tersebut sehingga layanan ART di IKN dapat berlanjut dengan skema pembelian layanan (Buy The Service).


Sebagai informasi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap kereta otonom tanpa rel di Kaltim Kariangau Terminal (KKT) Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menhub sebut dua rangkaian kereta otonom dioperasikan di IKN