Pemkab Gunungkidul kampanyekan Bulan Vitamin A dan PIN Polio

id PIN Polio,Gunungkidul,Dinkes Gunungkidul,Vitamin A

Pemkab Gunungkidul kampanyekan Bulan Vitamin A dan PIN Polio

Bupati Gunungkidul Sunaryanta memberikan vaksin polio kepada siswa SD di Kalurahan Ngoro-oro, Kabupaten Gunungkidul, DIY, pada Selasa (6/8). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengkampanyekan Bulan Vitamin A dan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahap 2 Tahun 2024 untuk meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh balita dan anak di wilayah itu

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul Ismono di Gunungkidul, Selasa, mengatakan kegiatan itu untuk meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh balita melalui pemberian vitamin A serta mengeliminasi penyakit polio melalui imunisasi.

"Kami melaporkan kegiatan pemberian vitamin A pada semua balita serta data PIN putaran polio tahap 1 dan penimbangan stunting. Pada bulan Juni terdapat 34.019 balita yang terdata. Setelah dikurangi balita berusia 0-6 bulan diperkirakan sekitar 33.000 balita yang akan menerima vitamin A," kata Ismono.

Ismono juga menyampaikan capaian imunisasi polio putaran pertama di Gunungkidul telah mencapai 99 persen, melebihi target WHO sebesar 95 persen.

"Capaian PIN putaran polio tahap pertama sudah mencapai 99 persen. Hal ini memungkinkan kita untuk melanjutkan ke putaran kedua," katanya.

Ismono mengatakan putaran kedua PIN polio bertepatan dengan bulan kampanye vitamin dimulai tanggal 6 Agustus 2024, sekaligus dilakukan kampanye vitamin A, penimbangan balita serentak. "Tujuannya agar capaian vitamin A, polio, dan penimbangan balita bisa tercapai," katanya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta menekankan pentingnya persiapan kesehatan generasi penerus untuk masa depan yang lebih baik.

Ia mengatakan Pemkab Gunungkidul berkomitmen memberikan program-program kesehatan, seperti pemberian vitamin A dan imunisasi polio.

"Program-program ini bertujuan untuk memastikan anak-anak kita tumbuh sehat dan kuat, siap menghadapi masa depan," kata Sunaryanta.

Sunaryanta juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program-program pemerintah demi kesehatan dan kesejahteraan anak-anak.

"Mari kita dukung program-program pemerintah. Jangan sampai anak-anak kita sakit, kita harus mempersiapkan masa depan mereka dengan baik," katanya.

Lebih lanjut Sunaryanta mengatakan kegiatan pemberian vitamin A dan kampanye polio ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak-anak di Gunungkidul.

"Program ini akan berlangsung secara bertahap, dengan pemberian vitamin A dan imunisasi polio putaran kedua yang dilaksanakan mulai 6 Agustus 2024 selama satu minggu ke depan," katanya.