Baznas melatih pengajar Al-Quran braille, bantu disabilitas di Indonesia

id Baznas,Pemberdayaan masyarakat,Pelatihan membaca Al-Quran disabilitas

Baznas melatih pengajar Al-Quran braille, bantu disabilitas di Indonesia

Pelatihan pengajar sekaligus penyaluran Al-Quran braille yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI di Bogor, Jawa Barat, Senin (12/8/2024). (ANTARA/HO-Baznas RI)

Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI melatih para pengajar sekaligus menyalurkan Al-Quran braille bagi penyandang disabilitas sensorik netra di Bogor, Jawa Barat.
 
Pelatihan Training of Trainer (ToT) tersebut berkolaborasi dengan dengan Lembaga Pentasih Mushaf Al-Quran (LPMQ) Kementrian Agama RI dan Yayasan Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ) Al Bayyinah, Bogor pada 12-14 Agustus 2024.
 
"Melalui kegiatan ini, Baznas berupaya menyiapkan pengajar yang kompeten dan memfasilitasi akses pendidikan Al-Quran braille bagi penyandang disabilitas sensorik netra guna menciptakan pribadi tunanetra Muslim yang mencintai Al-Quran," kata Kepala Divisi Pendistribusian Baznas RI Ahmad Fikri melalui keterangan di Jakarta, Senin.
 
Ahmad mengatakan pihaknya juga mendistribusikan Al-Quran braille hasil natura kepada 600 orang penyandang disabilitas sensorik netra di 15 titik, dan melakukan ToT di 5 titik wilayah Jabodetabek.
 
 
Terkait hal tersebut, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan mengatakan program ini adalah bukti komitmen Baznas RI yang memberikan dampak positif bagi kehidupan seluruh masyarakat Indonesia dan menjadikan pendidikan agama dapat diakses oleh semua orang, terlepas dari bagaimanapun kemampuan fisiknya.
 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Baznas latih pengajar Al-Quran braille untuk membantu disabilitas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024