Pemerintah orkestrasi program PAUD HI untuk Indonesia Emas 2045

id PAUD HI, perkembangan anak, Kemenko PMK

Pemerintah orkestrasi program PAUD HI untuk Indonesia Emas 2045

Deputi Bidang Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Woro Srihastuti saat ditemui di Jakarta, Rabu (28/8/2024). (ANTARA/Asep Firmansyah)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah tengah mengorkestrasi program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) yang saat ini prosesnya masih berjalan sendiri-sendiri di tiap kementerian/lembaga, utamanya di level daerah, demi menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Sebetulnya leading sector-nya siapa, sehingga mengakibatkan sinergi dan koordinasi antara Pemerintah Pusat dan daerah tidak berjalan dengan baik," ujar Deputi Bidang Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Woro Srihastuti di Jakarta, Rabu.

PAUD HI merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

PAUD-HI bertujuan menyediakan layanan bagi anak usia dini yang diselenggarakan secara terintegrasi dan selaras antarlembaga layanan melalui komitmen semua unsur terkait.

Meski telah berlangsung sejak 2013 lewat Perpres Nomor 60/2013, operasionalisasi pemerintah daerah terhadap kebijakan PAUD HI masih bervariasi. Dengan demikian mengakibatkan perbedaan besar dalam pembiayaan dan akses terhadap layanan PAUD HI.



Menurut Woro, saat ini masih terjadi salah persepsi mengenai program kebijakan PAUD HI. PAUD HI masih banyak dipersepsikan sebatas pendidikan saja, padahal program tersebut lebih banyak berbicara pada perkembangan anak sejak usia 0 hingga 6 tahun.

"Kita ingin memastikan semua sektor kehidupan anak-anak secara optimal agar bisa menjadi anak yang berkualitas," kata dia.

Sejumlah hal esensial tercantum dalam PAUD HI seperti kesehatan dan gizi, perkembangan anak, kesejahteraan anak, perlindungan, pengasuhan, hingga pendidikan. Namun nyatanya, konsep ini masih dianggap terpisah tidak holistik.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah akan orkestrasi program PAUD HI demi Indonesia Emas 2045
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024