Menko Polhukam sebut pembebasan Pilot Philip hasil kesabaran pemerintah

id Pilot Susi Air,Philip Mark Mehrtens,Pembebasan Pilot Philip

Menko Polhukam sebut pembebasan Pilot Philip hasil kesabaran pemerintah

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto (kedua kiri) saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/9/2024). (ANTARA/Rio Feisal)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens merupakan hasil kesabaran pemerintah.

Mehrtens merupakan pilot berkewarganegaraan Selandia Baru yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023.

“Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bapak Presiden (Presiden Joko Widodo), bahwa pembebasan ini juga hasil dari kesabaran Pemerintah Republik Indonesia untuk tidak melakukan tindakan represif karena keselamatan pilot adalah prioritas utama Pemerintah Republik Indonesia,” kata Hadi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu.

Menurut Hadi, pembebasan Mehrtens melibatkan proses negosiasi yang sangat panjang dengan mengedepankan soft approach dengan mempertimbangkan keselamatan sandera.

“Dan pada pagi tadi, Philip dijemput oleh tim Satgas Operasi Damai Cartenz dari TNI-Polri di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga,” ujarnya.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menko Polhukam: Pembebasan Pilot Philip hasil kesabaran pemerintah