Ibu menyusui dengan riwayat TB boleh berikan ASI pada anak

id tb, ibu menyusui,tbc

Ibu menyusui dengan riwayat TB boleh berikan ASI pada anak

Ilustrasi - Ibu menyusui bayinya. ANTARA/Pexels/Alina Matveycheva/am

Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Konsultan Saluran Napas dan Paru Anak (Respirologi) IDAI, Muchammad Fahrul Udin, menjelaskan bahwa ibu menyusui dengan riwayat Tuberkulosis masih diperbolehkan untuk memberikan ASI kepada bayi mereka.

“Untuk ASI ini tetap boleh diberikan. Hanya saja, mereka disarankan sudah mengonsumsi obat untuk penyembuhan itu selama dua minggu,” katanya pada kegiatan “Kelas Orang Tua Hebat Seri 9: Kenali dan Cegah Tuberkulosis (TB) pada Anak Usia Dini” yang diselenggarakan oleh BKKBN secara daring, Kamis.

Lebih lanjut dia menyarankan bagi para orang tua dengan riwayat TB yang masih dalam tahap memberikan ASI kepada anak-anak mereka agar tetap menggunakan masker ketika berinteraksi dan dekat dengan anak mereka. Hal itu guna mencegah penularan TB melalui udara kepada buah hati mereka.

Meski begitu, tidak semua ibu dengan TB dapat memberikan ASI kepada anak-anak mereka. Ibu yang memiliki riwayat TB dengan tingkat yang parah disarankan untuk tidak memberikan ASI kepada anaknya.

“Ibu yang memiliki riwayat sakit TB resisten disarankan tidak memberikan ASI karena risikonya besar untuk anak mereka,” tegas dia.

Untuk menghindari infeksi bakteri TB itu, orang tua diharapkan menjalani pola hidup yang bersih, seperti memberikan pencahayaan yang cukup pada setiap ruangan dengan sirkulasi udara yang cukup.

Hal tersebut dikarenakan penyakit tersebut menular melalui udara, sehingga udara yang bersih dan sirkulasi yang baik dapat mematikan virus tersebut.

Penularan kepada anak saat ibu hamil bisa melalui plasenta ketika mereka sedang mengandung. Dengan kondisi tersebut orang tua diharapkan berkonsultasi langsung dengan dokter dan segera mengonsumsi obat secara rutin.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter: Ibu menyusui dengan riwayat TB boleh berikan ASI kepada anak