Paus seberat 40 ton terdampar di Teluk Balikpapan

id balikpapan ,paus,ikan,terdampar ,laut

Paus seberat 40 ton terdampar di Teluk Balikpapan

Tim gabungan mencoba mengevakuasi ikan paus yang terdampar di perairan Teluk Balikpapan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. ANTARA/HO-Polairud Polda Kaltim

Balikpapan (ANTARA) -
Seekor ikan paus yang diperkirakan memiliki panjang 15 meter dan berat 40 ton terdampar di perairan Teluk Balikpapan, tepatnya di kawasan Pantai Teritip di Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.
 
"Kami perkirakan hewan mamalia yang terdampar itu panjangnya 15 meter dan berat 40 ton," jelas Binmas Polairud Polda Kaltim Bripka Taufik Ismail di Balikpapan, Kamis.
 
"Paus itu pertama kali ditemukan terdampar oleh nelayan setempat pada Rabu (25/9) sore," tambahnya.

Untuk jenis kelamin belum bisa dipastikan, dugaan kuat ikan paus tersebut merupakan paus sperma.

Paus tersebut terdampar sekitar dua mil dari bibir pantai. Nelayan tersebut secara tidak sengaja melihatnya di perairan dangkal dan sempat mengabadikan gambarnya kemudian tersebar di berbagai akun media sosial.
 
"Para nelayan melaporkan kejadian itu dan kami segera bertindak bersama Dinas Perikanan dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim," kata Taufik.
 
Ikan paus yang terdampar itu masih dalam kondisi masih hidup, tetapi kemungkinan kesehatannya tidak 100 persen atau sedang sakit.
 
 
 
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Seekor paus seberat 40 ton terdampar di Teluk Balikpapan
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024