317 siswa SMA Taruna Nusantara ikuti asesmen persiapan UTBK SNBT 2025

id sma taruna nusantara

317 siswa SMA Taruna Nusantara ikuti asesmen persiapan UTBK SNBT 2025

Siswa SMA Taruna Nusantara mengikuti asesmen persiapan UTBK SNBT 2025 (ANTARA/HO-Eduprime)

Yogyakarta (ANTARA) - Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Nusantara menggelar asesmen komprehensif bagi siswa kelas XII untuk mempersiapkan dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta  Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2025, pada Sabtu (5/10).

Program yang diberi nama USS SNBT ini melibatkan 317 siswa dan dilaksanakan bekerja sama dengan Eduprime, penyedia platform asesmen pendidikan terdepan di Indonesia.

Dr (Cand) Furintasari, Chief Research and Development Eduprime, menyampaikan pentingnya asesmen sebagai langkah awal untuk mempersiapkan siswa SMA Taruna Nusantara menghadapi seleksi di perguruan tinggi. 

"Program USS SNBT kami rancang untuk memberi gambaran kepada siswa tentang peluang mereka dalam UTBK mendatang. Dengan akses unlimited pada platform kami, mereka bisa melakukan self-assessment secara mandiri untuk terus meningkatkan kemampuan," ujar Furintasari, Selasa.

Furintasari menambahkan, SMA Taruna Nusantara dikenal karena keunggulan akademik dan pembinaan karakter yang kuat. Para siswanya bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jalur bergengsi seperti Akademi Kepolisian (Akpol), SNBP, SNBT, hingga jalur mandiri di perguruan tinggi ternama. 

"Namun, tidak semua siswa bisa diterima melalui Akpol atau SNBP. Sehingga sekolah berharap semua siswa bisa lolos seleksi melalui tiga jalur utama tersebut tanpa harus bergantung pada jalur mandiri," ucapnya.

Furintasari mengemukakan, selain asesmen rutin, lima kali tryout yang akan diadakan menjadi tolok ukur progres siswa. 

"Pendampingan offline yang kami lakukan sangat penting agar siswa terus terpantau dan berprogres sesuai harapan. Tak hanya itu, pada bukan November dan Desember nanti, kami juga akan menggelar sesi motivasi dan brainstorming yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi serta kepercayaan diri siswa," katanya.

Dia mengungkapkan, sesi motivasi dirancang untuk membantu siswa dalam menyusun strategi yang tepat dalam menghadapi UTBK SNBT 2025. 

"Motivasi dan strategi yang matang adalah kunci sukses menghadapi UTBK. Kami di Eduprime siap mendampingi siswa Taruna Nusantara melalui seluruh proses ini," ujar Furintasari.

Menurut dia, kerja sama antara SMA Taruna Nusantara dan Eduprime telah berjalan sejak tahun 2021. Selama tiga tahun terakhir, berbagai program asesmen telah sukses dilaksanakan dengan hasil yang memuaskan. 

"Kami sangat bangga dapat berkolaborasi dengan salah satu sekolah terbaik di Indonesia. Tujuan kami adalah membantu mereka meraih sukses, tidak hanya di SNBT tetapi juga dalam jalur karier yang mereka pilih di masa depan," tuturnya.

Sementara itu, penanggung jawab program di SMA Taruna Nusantara Atiek mengatakan, SMA Taruna Nusantara memiliki visi yang jelas untuk memastikan sebanyak mungkin siswa diterima di perguruan tinggi terbaik. 

Oleh karena itu, lanjutnya, persiapan sejak dini untuk SNBT menjadi sangat krusial bagi siswa di SMA Taruna Nusantara.

"Dengan bantuan platform Eduprime, siswa dapat memanfaatkan tryout yang kami siapkan, dan dengan pendampingan offline, kami yakin mereka akan menunjukkan progres signifikan," ujar Atiek.

Menurut dia, dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari Eduprime, SMA Taruna Nusantara optimistis seluruh siswa dapat menghadapi tantangan UTBK SNBT 2025.

"Ditambah kepercayaaan diri siswa akan berhasil mencapai tujuan akademis mereka," tutur Atiek.