Menkominfo membuka pameran foto "Legasi Jokowi 2014-2024"

id Legasi Jokowi,Pameran foto,Budi Arie Setiadi ,Menkominfo,Akhmad Munir ,Perum LKBN ANTARA

Menkominfo membuka pameran foto "Legasi Jokowi 2014-2024"

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi (dua kiri) bersama Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir (kiri), dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Prabu Revolusi (tiga kiri) didampingi oleh kurator Ismar Patrizki membuka pameran foto jurnalistik "Legasi Jokowi 2014-2024" di Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA), Antara Heritage Center (AHC), Pasar Baru, Jakarta, Jumat (11/10/2024). (ANTARA/Fathur Rochman)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, meresmikan pembukaan pameran foto jurnalistik bertajuk "Legasi Jokowi 2014-2024" yang diinisiasi oleh Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA.

Pameran ini menjadi catatan visual perjalanan kepemimpinan Presiden Joko Widodo selama sepuluh tahun terakhir, dengan fokus pada berbagai pencapaian, interaksi humanis, serta hubungan emosional antara Presiden Jokowi dan rakyatnya.

"Saya mengapresiasi Perum LKBN ANTARA yang telah mengabadikan perjalanan 10 tahun terakhir ini menjadi sebuah karya seni yang dapat dikenang sepanjang masa. karya ini sekaligus menjadi bukti sejarah sebagai sebuah pondasi dan kemajuan bangsa," ujar Budi Arie di Antara Heritage Center, Jakarta, Jumat.

Budi Arie menyampaikan bahwa transformasi digital dan pemikiran visioner menjadi kunci kemajuan Indonesia di era kepemimpinan Presiden Jokowi.

Dia menggarisbawahi bahwa perjalanan selama satu dekade tersebut penuh dengan tantangan, namun juga menghasilkan perubahan yang signifikan yang dirasakan oleh masyarakat.

Salah satu foto yang berkesan bagi Budi Arie adalah momen ketika Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Sukabumi pada 2018, di mana beliau berkendara dengan sepeda motor bersama sejumlah menteri dan kepala lembaga.

Dalam momen tersebut, Presiden disambut antusias oleh seorang warga yang berlari tanpa mengenakan baju. Foto yang diambil oleh pewarta ANTARA Puspa Perwitasari ini viral di masa itu karena menggambarkan betapa dekatnya Jokowi dengan rakyat.

"Fotonya juga menggambarkan bagaimana Presiden Jokowi begitu dekat dengan rakyat, bukti bahwa sosok beliau sangat dicintai seluruh rakyat Indonesia hingga saat ini," ucap Budi Arie

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir menyampaikan bahwa pameran ini merupakan bagian dari warisan sejarah yang akan terus diingat.

Dia menegaskan bahwa ANTARA selalu hadir untuk mendokumentasikan setiap kepemimpinan nasional, termasuk 10 tahun pemerintahan Jokowi yang penuh dengan momen humanis dan pencapaian besar.

Salah satu foto ikonik lainnya yang dipamerkan adalah saat Presiden Jokowi menggendong seorang anak dari Suku Asmat. Foto itu, kata dia, memperlihatkan sisi kemanusiaan dan kepedulian Jokowi terhadap anak-anak Papua.

"Dengan naluri kemanusiaan yang tinggi, beliau menyajikan ekspresi raut muka yang menggambarkan sebuah ketulusan dan keikhlasan, dan fotografer kami Puspa Perwitasari bisa mengambil dengan baik raut yang menarik untuk menggambarkan semua sisi kemanusiaan Presiden Joko Widodo," ucapnya.

Lebih lanjut Munir mengatakan kegiatan ini juga sekaligus mencatatkan peran ANTARA sebagai pelaku sejarah yang selalu mendokumentasikan perjalanan bangsa Indonesia, dari era Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo.

Dia menambahkan bahwa ke depan, ANTARA akan terus mengabadikan momen-momen penting dari setiap pemerintahan, termasuk presiden terpilih Prabowo Subianto, guna memberikan rekaman yang lengkap bagi sejarah bangsa.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menkominfo buka pameran foto "Legasi Jokowi 2014-2024"