PT KA akan menambah perjalanan Argo Lawu

id KA Argo Lawu

PT KA akan menambah perjalanan Argo Lawu

Kereta api (Foto railpictures.net)

Jakarta  (ANTARA Jogja) -  PT Kereta Api  akan menambah satu perjalanan kereta api Argo Lawu jurusan Gambir-Solo pada hari libur panjang memperingati kenaikan Yesus Kristus pada 17 Mei 2012.

Senior Manager Humas PT KA Daop 1 Jakarta, Mateta Rijalulhaq menhatakan, penambahan ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang diperkirakan meningkat hingga lima persen dari hari biasanya.

Penambahan perjalanan, kata Mateta, hanya pada kereta Argo Lawu, dengan keberangkatan pukul 21.05 Wib dan penambahan perjalanan itu pada 16-17 Mei 2012.

 "Penambahannya untuk dua hari berturut-turut," kata Mateta saat dihubungi, Selasa.

Ia menambahkan, pada hari biasa, kereta Argo Lawu mencapai 43 perjalanan dan dengan peningkatan lima persen dari hari biasa, jumlah penumpang bisa mencapai 6 ribu orang bahkan bisa lebih dari 8 ribu atau 9 ribu penumpang.

Sementara itu pihaknya juga tengah mempertimbangkan penambahan perjalanan untuk kereta Cirebon Ekspres tujuan Bandung.

Diperkirakan banyak warga yang akan menghabiskan liburan ke kota kembang tersebut. "Untuk Cirebon Ekspres juga kami pertimbangkan, tapi belum pasti penambahannya. Yang sudah pasti baru untuk Argo Lawu saja," jelasnya.

Untuk tarif kereta saat libur panjang ini, Mateta mengaku sifatnya fleksibel, bisa digunakan tarif batas atas, seperti pada saat lebaran.

Namun demikian, ia menjamin tetap akan memprioritaskan tingkat keamanan dan kenyamanan penumpang, dengan pemberlakuan 100 persen tempat duduk atau penjualan tiket sesuai dengan jumlah tempat duduk.

"Penumpang jangan khawatir tidak akan kebagian tiket, karena kami sudah menyiagakan perjalanan tambahan," ungkapnya.

   
(pso-009)