Din Syamsuddin peroleh penghargaan dari Italia

id din syamsuddin peroleh

Din Syamsuddin peroleh penghargaan dari Italia

Din Syamsuddin (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin memperoleh penghargaan "Ordine della stella d' Italia" atas jasa-jasanya meningkatkan hubungan antarumat beragama Italia-Indonesia.

"Saya berharap agar penghargaan ini bisa makin meningkatkan hubungan antarumat beragama kedua negara yang selama ini telah terjalin baik," kata Duta Besar Italia untuk Indonesia Federico Failla di Jakarta, Senin.

Hal tersebut disampaikan usai dirinya menyerahkan penghargaan "Ordine della stella d' Italia" kepada Din Syamsuddin di kediaman resmi Kedubes Italia.

Menurut Dubes, Pemerintah Italia sangat menghargai upaya yang dilakukan Din selama ini dalam membina, memajukan dan meningkatkan dialog antarumat beragama sehingga dapat berjalan dengan baik hingga saat ini.

"Tentunya penghargaan ini bisa memberikan kontribusi bagi perdamaian, kesejahteraan kedua negara dan lebih luas lagi meningkatkan kerja sama bidang politik dan ekonomi," kata Dubes Failla.

Din Syamsuddin mengatakan sangat menghargai pemberian penghargaan dari Pemerintah Italia dan merupakan sesuatu yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

Dia mengakui bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini dirinya memang sering berkunjung ke Roma dan Vatikan, sebagai pusat agama Katholik, untuk bertemu dengan tokoh agama setempat.

"Selain berkunjung ke kedua kota itu, saya juga melakukan kesepakatan meningkatkan dialog antarumat beragama Muhammadiyah dengan organisasi agama setempat," katanya.

Din mengatakan Indonesia yang penduduk mayoritas Islam dan Italia yang mayoritas Katholik sebenarnya memiliki hubungan antarumat beragama yang unik, dan masih banyak dan bisa yang ditingkatkan kerja sama antarumat.

(A025)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024