Tommy Sugiarto tantang Chong Wei di final

id Tommy

 Tommy Sugiarto tantang Chong Wei di final

Tommy Sugiarto (Foto antaranews.com)

Semarang (Antara) - Tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto menantang unggulan pertama Lee Chong Wei dari Malaysia pada babak final kejuaraan bulu tangkis Maybank Malaysia Open 2014 setelah mereka mengalahkan lawan-lawannya pada semifinal di Kualalumpur, Malaysia, Sabtu.

Tommy Sugiarto (unggulan keempat) pada kejuaraan berhadiah total 500 ribu dolar Amerika Serikat tersebut mengalahkan Kenichi Tago 21-13, 21-18, sedangkan pemain peringkat satu dunia Chong Wei mengalahkan ungulan ketiga Jan O Jorgensen (Denmark) 21-13 dan pada gim kedua pada kedudukan 3-0 pemain Denmark tersebut mengundurkan diri.

Tommy berharap dapat merebut kemenangan pertama atas Lee karena delapan kali pertemuan sebelumnya Tommy belum pernah menang atas Lee Chong Wei. Kekalahan terakhir Tommy dialami pada babak final BWF Superseries 2013 (kalah 10-21, 12-21).

"Bisa ke babak final itu perjalanan panjang, apalagi di turnamen level super series. Pada pertandingan besok atau Minggu (19/1), saya akan tampil 'all out' saja. Semua sudah tahulah kalau Chong Wei pemain terbaik saat ini, pengalaman dia pun lebih banyak dari saya," kata Tommy seperti dikutip laman PB PBSI.

"Meskipun belum pernah menang dan kalah dari Chong Wei, saya tidak akan berhenti berusaha dan mau tampil semaksimal mungkin. Saya berharap pada final besok bisa meraih kemenangan pertama atas Chong Wei," katanya.

Putra juara dunia 1983 Icuk Sugiarto tersebut merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang melangkah ke babak final setelah dua wakilnya terhenti di babak empat besar. Ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dikalahkan Xu Chen/Ma Jin 14-21, 13-21.

Sementara itu, pada ganda putra pasangan Angga Pratama/Ryan Agung Saputra dikalahkan pasangan tuan rumah Goh V Shem/Lim Khim Wah 25-23, 21-13, 22-20.

"Perjuangan kami sudah maksimal, sayang di akhir-akhir kami kurang safe mainnya, banyak errppr sendiri. Pasangan Malaysia memang tekanannya bagus, tetapi kami juga sering membuat kesalahan sendiri yang tidak perlu," kata Angga.

"Target kami memang juara, tetapi hanya dikasih sampai di sini sama Yang di Atas, jadi kami berusaha untuk mensyukuri saja," kata Ryan.

Pada gim kedua, Goh/Lim mengambil alih irama permainan dan tidak memberi kesempatan kepada pasangan peraih medali emas SEA Games 2013 untuk mengembangkan permainan.

"Pada gim kedua kami kalah jauh karena pasangan Malaysia ini permainan depannya bagus sehingga kami tertekan," kata Ryan.

Pada gim ketiga, sebenarnya pasangan Indonesia sudah unggul 11-7, tetapi kesalahan sering dilakukan mereka sehingga pasangan Malaysia itu balik unggul 12-11 sehingga membuat pasangan tuan rumah makin percaya diri dan sulit dihentikan.

Saat mereka unggul 20-17 tekanan berbalik ke arah pasangan Malaysia. Ganda tuan rumah gagal menyeberangkan bola sehingga menjadikan kedudukan menjadi 20-20. Satu pengembalian Ryan yang nyangkut di net membuat pasangan Malaysia merebut gim ketiga.

"Menurut kami, selama pertanding ini serangan kami kurang tajam. Beda dengan pertandingan sebelumnya. Strategi permainan sudah benar, tetapi masih kurang 'power' dan banyak mati sendiri," kata Ryan.

    
Pertandingan final Maybank Malaysia Open:

Tunggal putra   - Lee Chong Wei (Malaysia) vs Tommy Sugiarto (Indonesia)

Tunggal putri - Li Xuerui (China) vs Wang Shixian (China)

Ganda putra - Goh V Shem/Lim Khim Wah (Malaysia) vs Chai Biao/Hong Wei (China)

Ganda putri - Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang) vs Bao Yixin/Tang Jinhua (China)

Ganda campuran - Xu Chen/Ma Jin (China) vs Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark)

(H015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024