Gunung Kidul bangun bumi perkemahan

id kemah

Gunung Kidul bangun bumi perkemahan

kegiatan perkemahan (Foto ANTARA)

Gunung Kidul (Antara) - Pemerintah Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun bumi perkemahan dengan dana Rp375 juta di Dusun Ngelo, Desa Candirejo.

Camat Semin Huntoro Purbo Wargono di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan pembangunan bumi perkemahan "Sapta Arga" untuk memberikan fasilitas terutama pada anggota pramuka di Gunung Kidul.

Pembangunan tersebut menelan dana Rp375 juta merupakan hasil dari iuran seluruh anggota pramuka se-Kecamatan Semin, PNS dan donatur lain.

"Nantinya dana ini akan digunakan untuk pembelian tanah, membangun joglo pertemuan dan pembangunan fasilitas MCK," kata Huntoro.

Ia mengatakan pembangunan bumi perkemahan di lahan satu hektare tersebut ditargetkan akan selesai akhir 2016 ini. Pemilihan ini karena lokasinya tergolong indah, dan juga strategis. Selain itu, berdekatan dengan wisata alam air terjun Banyuripan, situs Candi Risan, Curug Bangunsari dan Telaga Biru.

"Nantinya lokasi tersebut akan dilengkapi camping ground juga bisa untuk tracking wisata alam dan outbond. Lokasinya bagus dan dekat dengan lokasi wisata," katanya.

Huntoro mengatakan pembangunan awal dengan langkah kerja bakti secara serentak ini diikuti sekitar 500 orang dari anggota pramuka Kwarcab Semin, Kecamatan, polsek, koramil, RAPI dan masyarakat sekitar.

"Nantinya jika bumi perkemahan tersebut sudah jadi maka akan ditambah lagi dengan fasilitas yang lebih lengkap," tuturnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Kidul Bahron Rosyid menyambut gembira adanya bumi perkemahan.

"Itu langkah bagus. Selama ini anak-anak sekolah di Kecamatan Semin ketika akan berkemah sering kesulitan mendapatkan lokasi yang memadai," tuturnya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar