Sleman Smart Regency untuk maksimalkan pelayanan publik

id sleman

Sleman Smart Regency untuk maksimalkan pelayanan publik

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai mengembangkan "Sleman Smart Regency", yakni kabupaten yang cerdas dalam pengembangan dan pengelolaan berbagai sumber daya secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

"`Sleman Smart Regency` ini untuk memaksimalkan pelayanan publik serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan," kata Bupati Sleman Sri Purnomo pada Focus Group Discussion Laporan Akhir Penyusunan Rencana Induk dan Blue Print E-Government Kabupaten Sleman, Kamis.

Tujuan "Sleman Smart Regency" ini untuk terwujudnya sistem pelayanan yang serta mampu memberikan respon dan efektivitas yang tinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Menurut dia, penyusunan blue print e-government adalah salah satu inisiasi dalam menyusun landasan berpikir bagi pengembangan aplikasi e-government yang komprehensif, efektif dan efisien. Sehingga bisa mengetahui langkah-langkah yang akan langsung dilaksanakan di awal 2017 dan seterusnya untuk melaksanakan agenda di Pemkab Sleman.

Implementasi aplikasi teknologi informasi komunikasi yang masih dijalankan otonomi di masing-masing unit kerja, perlu disinergikan sehingga memudahkan monitoring dan evaluasi. Untuk itu dibutuhkan integrasi antar sistem IT yang ada di pemerintahan sehingga dapat digunakan dan disesuaikan dengan sistem dan data yang ada.

"Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan komitmen semua pihak untuk melepaskan ego sektoral," katanya.

Ia mengharapkan adanya dokumen blue print dapat menjadi pedoman dalam membangun Sleman Smart Regency tidak hanya saat ini, namun juga dalam periode jangka panjang ke depan.

"Dengan blue print ini diharapkan setiap OPD mendapat panduan yang konsisten sehingga jika diperlukan modifikasi kebijakan tetap mengacu pada blue print yang sudah dibangun sebelumnya," katanya.

Beberapa waktu lalu telah Pemerintah Kabupaten Sleman telah meluncurkan program "Lapor Sleman" dan sudah berjalan dengan baik terkait dengan keuangan dan bidang pembangunan.

"Teknologi informasi memberikan kemudahan kepada kita juga masyarakat yang mengakses untuk mendapatkan pelayanan informasi di Kabupaten Sleman," katanya.

Focus Group Discussion Laporan Akhir Penyusunan Rencana Induk dan Blue Print E-Government Kabupaten Sleman yang diselenggarakan tersebut juga menghadirkan dua narasumber, yakni Erizal, S.Si,.M.kom dan Surahyo Sumarsono, B.Ing, M.Eng.

Selain itu Tim Pengarah "Smart Regency Sleman" diantaranya Prof Dr Ir Suhono Harso Supangkat, Me.Eng (ITB), Prof Dr M Suyanto, MM (AMIKOM) dan Dr Kuncoro Harto WIdodo (UGM). ***2***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024