XT-Square tambah fasilitas jelang libur akhir tahun

id XT-Square tambah fasilitas jelang libur akhir tahun

XT-Square tambah fasilitas jelang libur akhir tahun

XT-Square Yogyakarta (Foto ANTARA/Dok)

Yogyakarta - (Antara) - Pasar Seni dan Kerajinan Yogyakarta, XT-Square melakukan sejumlah pembenahan dan penambahan fasilitas untuk menghadapi lonjakan wisatawan saat libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018.

"Kami lakukan penambahan koridor untuk menghubungkan gedung Umar Kayam dengan zona kerajinan. Selain itu, ada penambahan lokasi untuk swafoto di taman," kata Direktur Utama PD Jogjatama Vishesha selaku pengelola XT-Square Muhammad Verga Prabowo Agus di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, kedua pekerjaan tersebut ditargetkan dapat diselesaikan sebelum libur panjang akhir tahun sehingga wisatawan yang datang sudah bisa menikmati fasilitas tambahan dan merasa semakin nyaman.

Verga menyebut, penambahan fasilitas berupa koridor untuk menghubungkan gedung di XT-Square sangat diperlukan karena selama ini gedung yang ada di pasar seni dan kerajinan tersebut saling terpisah sehingga menyulitkan wisatawan untuk mengunjungi gedung-gedung yang ada.

Di area koridor tersebut, lanjut Verga, tidak akan dibiarkan kosong tetapi akan diisi oleh pedagang kuliner. Manajemen bahkan melakukan penataan kios dengan membangun kios yang seragam.

"Dulu, pedagang kuliner memiliki kios yang berbeda--beda. Nantinya, kios mereka akan seragam sehingga lebih tertata rapi. Mereka tinggal menempati saja," katanya.

Sedangkan untuk penambahan lokasi swafoto diletakkan di area taman. Selama ini, taman hanya diisi oleh pohon Pule tanpa ada tambahan fasilitas menarik untuk swafoto.

"Kami akan tambahkan `spot` swafoto yang menarik yaitu berupa rumah-rumahan dari ranting pohon. Wisatawan tidak perlu jauh-jauh ke daerah lain untuk berfoto, tinggal datang ke XT-Square saja," katanya.

Namun demikian, pengunjung yang ingin menikmati lokasi swafoto outdoor tersebut akan dikenai biaya masuk. "Kami belum putuskan nilainya, tetapi tidak akan membebani pengunjung," katanya.

Selama ini, XT-Square sudah memiliki lokasi swafoto indoor yaitu berada di museum tiga dimensi de-Mata dan juga di de-Arca serta di rumah terbalik.

"Penambahan berbagai fasilitas ini juga ditujukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke XT-Square. Pada 2016, ada sekitar 1,39 juta wisatawan yang berkunjung dan sepanjang tahun ini ada sekitar satu juta wisatawan yang berkunjung," katanya. ***1*** (E013)


Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024