XT-Square Yogyakarta akan setor laba tahun kedua

id Xt square

XT-Square Yogyakarta akan setor laba tahun kedua

XT Square Yogyakarta (Foto ANTARA)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Pasar Seni dan Kerajinan Yogyakarta XT-Square siap menyetorkan laba ke kas Pemerintah Kota Yogyakarta untuk tahun kedua karena hingga akhir tahun ini mampu meraih keuntungan yang cukup besar.

"Keuntungan yang kami peroleh pada tahun ini bahkan diperkirakan lebih besar dibanding target yang ditetapkan, yaitu sekitar Rp500 juta dari target Rp330 juta," kata Direktur Keuangan dan Umum PD Jogjatama Vishesha selaku pengelola XT Square Hargo Pamungkas di Yogyakarta, Rabu.

Pada tahun lalu, XT-Square sudah menyetorkan laba ke kas daerah setelah memperoleh keuntungan bersih sebanyak Rp467 juta dari target Rp300 juta.

Menurut dia, XT-Square memang baru bisa menyetorkan laba ke Pemerintah Kota Yogyakarta mulai tahun lalu setelah tiga tahun awal melakukan berbagai pembenahan agar pasar yang berada di Yogyakarta bagian selatan tersebut berkembang.

"Pada tiga tahun awal sejak dibuka, kami masih fokus pada pembenahan sehingga belum bisa meraih keuntungan. Namun, kondisi XT-Square terus membaik. Dilihat dari tingkat kunjungan yang cukup bagus," katanya.

Pada tahun lalu, pengunjung XT-Square tercatat sekitar 1,2 juta orang dan hingga November tahun ini mencapai sektar satu juta orang dari target 1,3 juta pengunjung hingga akhir tahun.

Berbagai wahana yang menjadi magnet pengunjung ke XT-Square adalah wahana museum tiga dimensi de-Mata, museum patung tokoh-tokoh de-Arca, serta wahana baru de-Walik yang menampilkan wahana foto dengan berbagai suasana atau susunan ruangan terbalik.

Manajemen, lanjut Hargo, juga terus melakukan pembenahan kondisi di pasar seni dan kerajinan seperti melakukan penataan zona kuliner outdoor sekaligus membangun selasar untuk menghubungkan gedung di XT-Square.

Selain itu, XT-Square juga menyiapkan wahana swafoto outdoor bertema rumah-rumahan dari ranting pohon di taman yang ada di pasar seni dan kerajinan tersebut.

Kedua tambahan fasilitas tersebut ditargetkan sudah dapat dinikmati pengunjung saat libur panjang akhir tahun. ***3***



(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024