BBPOM sisir penjual ikan kalengan

id cacing ikan kalengan,bbpom sisir penjual ikan kaleng

BBPOM sisir penjual ikan kalengan

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Yogyakarta melakukan penyisiran penjualan 27 merek ikan makarel kaleng yang dinyatakan mengandung cacing parasit di toko-toko di Yogyakarta. (Foto ANTARA/Luqman Hakim/ags)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Yogyakarta melakukan penyisiran penjualan 27 merek ikan makarel kaleng yang dinyatakan mengandung cacing parasit di toko-toko modern maupun tradisional di lima kabupaten/kota.

"BBPOM seluruh Indonesia memang diminta untuk memantau penarikan produk ini (27 merek ikan makarel kaleng) dari peredaran. Jangan sampai ada yang tertinggal dan dijual ke masyarakat," kata Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta Sandra MP Linthin saat melakukan penyisiran di Ramai Mal, Jalan Malioboro, Yogyakarta, Kamis.

Sampai dengan 28 Maret 2018, 27 merek ikan makarel kaleng yang dinyatakan BPOM RI positif mengandung cacing parasit yakni ikan makarel ABC, ABT, Ayam Brand, BOTAN, CIP, Dongwon, Dr Fish, Merek Farmerjack, IO, HOKI, Fiesta Seafood, Gaga, Hosen, Jojo, King`s Fisher, LSC, Maya, Nago/Nagos, Naraya, Pesca, Poh Sung, Pronas Ranesa, S&W, Sempio, TLC, TSC.

"Semuanya yang terdeteksi adalah ikan makarel bukan ikan sarden," kata dia.

Menurut Sandra, berdasarkan pemantauan di lapangan, secara umum para penjual produk itu baik di pasar modern maupun tradisional di Yogyakarta telah melakukan penarikan secara mandiri dan mengembalikannya ke produsen atau distributor.

Kendati di Ramai Mal sempat ditemukan empat merek dari 27 merek ikan makarel kaleng yang dinyatakan mengandung cacing. Namun, menurut pemilik supermarket itu empat merek itu sudah tidak dijual dan siap dikembalikan ke distributor.

"Yang di sini (27 merek ikan makarel kaleng) sudah dikembalikan. Kami mengucapkan terima kasih karena para pelaku usaha di sini proaktif menyisihkan dan sudah siap dikembalikan," kata dia.

Selain memastikan penarikan 27 merek itu, menurut Sandra, BBPOM Yogyakarta juga diinstruksikan untuk melakukan uji sampling terhadap ikan sarden kaleng untuk memastikan ada atau tidaknya kandungan cacing parasit serupa.

"Karena kemarin yang terdeteksi (mengandung cacing parasit) adalah ikan makarel kaleng, sekarang kami juga diminta untuk melakukan sampling ikan sarden kaleng atau jenis ikan kaleng lain seperti tuna, dan cakalang," kata Sandra.
(T.L007)