Jejak dinosaurus langka ditemukan di Pulau Skye

id gajah

Jejak dinosaurus langka ditemukan di Pulau Skye

Ilustrasi (Foto Antara)

London (Antaranews Jogja/Reuters) - Puluhan jejak kaki langka milik dinosaurus, yang dibuat sekitar 170 juta tahun lalu, ditemukan di pulau Skye, Skotlandia, memberikan wawasan penting ke masa Pertengahan Jurasik, kata ilmuwan, Selasa.

        "Semakin banyak kami melihat di Pulau Skye, semakin banyak jejak kaki dinosaurus kami temukan," kata Dr. Steve Brusatte dari Fakultas Geosains Universitas Edinburgh.

        "Situs baru itu mencatat dua jenis dinosaurus berbeda -sepupu berleher panjang Brontosaurus dan saudara sepupu taring tajam T. rex- berkeliaran di sekitar laguna dangkal, ketika Skotlandia jauh lebih hangat dan dinosaurus memulai perjalanan menuju dominasi global," katanya.

        Temuan itu secara global penting karena menjadi bukti langka dari masa Pertengahan Jurasik, dari sedikit situs fosil, yang ditemukan di seluruh dunia, demikian universitas itu di lamannya.

        Jejak kaki itu sulit dipelajari karena keadaan pasang surut, dampak pelapukan dan perubahan pada lanskap, tambahnya.

        Namun, peneliti berhasil mengenali dua jejak kaki di samping banyak jejak kaki terisolasi.

        Mereka menggunakan foto pesawat nirawak untuk membuat peta situs, sementara gambar lainnya dikumpulkan menggunakan sepasang kamera yang dipasangkan dan perangkat lunak yang disesuaikan untuk membantu memodelkan cetakan.

        Penelitian Universitas Edinburgh, Museum Staffin dan Akademi Ilmu Pengetahuan China itu diterbitkan dalam "Scottish Journal of Geology".