Ratusan warga Yogyakarta berkumpul gelar yoga massal

id Senam

Ilustrasi. Senam melawan Kanker. Foto Antara

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Menjelang peringatan Hari Internasional Yoga, ratusan warga menggelar yoga massal di Balai Kota Yogyakarta yang diinisiasi Yayasan Anand Ashram didukung Kedutaan Besar India dan Pemerintah Kota Yogyakarta, Sabtu.

"Kegiatan yoga massal menjelang peringatan Hari Internasional Yoga keempat akan digelar di beberapa kota, dan penyelenggaraan di Yogyakarta ini sangat istimewa," kata Deputy Chief of Mission Indian Embassy Prakash Gupta saat membuka kegiatan di Balai Kota Yogyakarta.

Menurut dia, antusias warga di Kota Yogyakarta untuk mengikuti yoga massal sangat tinggi dibanding kota lain yang sudah menyelenggarakan kegiatan serupa sebelumnya.

"Ini kota ketiga dan pesertanya cukup banyak. Jangan lupa untuk kembali datang mengikuti yoga massal yang akan diselenggarakan di Prambanan pada 24 Juni. Targetnya, kegiatan itu akan diikuti 10.000 orang," kata Gupta.

Ia pun menegaskan bahwa peringatan Hari Internasional Yoga yang dirayakan setiap 21 Juni tersebut akan diikuti oleh sekitar 500 juta warga di seluruh dunia. "Yoga tidak ada hubungannya dengan agama. Yoga memiliki arti kesatuan badan pikiran dan jiwa manusia," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Fita Yulia mengatakan pemerintah sudah mencanangkan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) dan yoga dapat menjadi bagian dari pelaksanaan gerakan tersebut.

"Untuk bisa menyukseskan gerakan masyarakat hidup sehat, maka seluruh komponen masyarakat harus ikut terlibat. Masyarakat bisa saling mengajak dan mengingatkan untuk melaksanakan gerakan tersebut," katanya.

Selain germas, lanjut Fita, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta juga terus mengampanyekan perilaku "Cerdik" untuk menjaga kesehatan masyarakat yaitu mengecek kesehatan secara rutin, mengenyahkan asap rokok, diet seimbang, istirahat cukup dan mengelola stres.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Yayasan Anand Ashram Joehanes Budiman mengatakan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan adalah untuk memasyarakatkan yoga sebagai gaya hidup untuk mewujudkan kesehatan yang holistik sekaligus kebahagiaan.

Yogyakarta adalah kota kedua untuk "pre-event" peringatan Hari Internasional Yoga keempat setelah sebelumnya digelar di Bogor dan acara puncak akan digelar di Ubud Bali, 16 Juni.



 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar