Rumah produksi "miedes" Pundong dilengkapi kios kuliner

id Mie

Ilustrasi. Seorang pekerja sedang menjemur mie lethek sebelum dikemas di pabrik mie Revolusi, Srandakan, Bantul. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).



Bantul (Antaranews Jogja) - Rumah Produksi Miedes di Dusun Tulung, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kini dilengkapi dengan kios-kios kuliner bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.



Enam kios kuliner bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) melalui program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) tersebut diresmikan Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih bertepatan dengan Pundong Ekspo di Bantul, Rabu.



"Terkait dengan pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW) Kementerian PU kenapa ditempatkan di sini karena kita memandang salah satu unggulan Kecamatan Pundong itu makanan miedes, itu salah satu pertimbangannya," katanya.



Pihaknya berharap, kios-kios tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para perajin miedes untuk memasarkan makanan olahan terbuat dari tepung ketela yang diwadahi dalam kelompok pengusaha kuliner khas Pundong itu.



"Jadi kekuatan Bantul itu ekonomi kreatif, ekonomi kreatif itu ada jasa usaha pariwisata, jasa usaha itu termasuk kuliner dan miedes di Pundong ini termasuk salah satu andalan kuliner khas Bantul," kata Wabup Bantul.



Dengan demikian, menurut dia, bisa menambah daya tarik Bantul yang juga terdapat beberapa kuliner khas, seperti kuliner ingkung di wilayah Kecamatan Pajangan dan sate klathak (daging kambing) di wilayah Kecamatan Pleret.



"Dan miedes ini tidak banyak diproduksi, kalaupun ada itu merupakan duplikasi dari Pundong. Harapannya masyarakat Pundong semakin memahami posisinya bahwa miedes itu menjadi salah satu kuliner andalan Bantul, sudah terbukti miedes diminati banyak orang," katanya.



Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Pundong Suyamto mengatakan, peresmian kios PISEW Kementerian PU dilakukan bertepatan dengan Pundong Ekspo, Gelar Teknologi Pertanian dan Olahan Pertanian serta Festival Makan Miedes di halaman Rumah Produksi Miedes.



Suyamto mengatakan, kios bantuan pemerintah pusat itu, untuk sementara akan dimanfaatkan untuk kelompok produsen miedes dua kios, sementara empat kios sisanya akan diperuntukkan bagi kelompok lain yang punya usaha unggulan khas Pundong.



"Dengan adanya kios ini justru harapannya bisa lebih mengoptimalkan keberadaan rumah produksi miedes, karena selama ini kan belum maksimal, sebab perajin miedes mayoritas masih memproduksi di rumah masing-masing," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar