Kulon Progo targetkan bebas malaria 2021

id Nyamuk

Kulon Progo targetkan bebas malaria 2021

Pengasapan nyamuk (Foto ANTARA)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mentargetkan 2021, wilayah tersebut bebas dari malaria dan mendapatkan sertifikat eliminasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Perlindungan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulon Progo Baning Rahayujati di Kulon Progo, Rabu, mengatakan telah membentuk tim eliminasi malaria untuk meminimalisir penularan malaria.

"Kulon Progo belum tereliminasi malaria, adanya tim eliminasi malaria diharapkan dapat pelakukan penelitian pada warga yang terkena malaria dan menghentikan penularan secara lokal. Target yang akan dicapai dari tim eliminasi ini yaitu tahun 2021, Kulon Progo bebas malaria," katanya.

Menurut Baning, malaria masih menjadi masalah kesehatan DIY terutama di Kabupaten Kulon Progo. Untuk mendapatkan sertifikat eliminasi, perlu adanya pemantauan selama tiga tahun, dan selama itu tidak ada kasus penularan malaria secara lokal.

"Penanganan ini terfokus di dusun dengan deteksi secara dini pelaporan cepat ke puskesmas, kualitas periksaan, sosialisasi ke tenaga kesehatan dan pemantauan minum obat," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kulom Progo Wilis Prasetyo mengatakan eliminasi malaria kawasan Bukit Menoreh perlu adanya surveilans migrasi yaitu kegiatan pengambilan sediaan darah orang yang baru datang dari daerah endemis untuk mencegah penularan.

Menurut dia, di Kabupaten Kulon Progo masih ada penularan malaria, tamu pendatang dari wilayah endemis juga dapat membawa penyakit malaria. Di sisi lain Kulon Progo menjadi tempat studi banding.

"Keadaan seperti itu membuat sangat sulit untuk menghilangkan penyakit malaria, tetapi kami dapat meminimalisir malaria," katanya.

Ia mengatakan sebagai upaya pencegahan penyakit malaria dengan pengelolaan lingkungan hidup, perilaku hidup sehat, distribusi kelambu, repelent, larvasida.

"Kami mengimbau kepada masyarakat selalu menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan," katanya.


(KR-STR) 01-08-2018 17:45:55


 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024