Lima kota di Indonesia terapkan implementasi nyamuk ber-Wolbachia

id Dengue, nyamuk ber-Wolbachia, Menkes Budi Gunadi, Kemenkes

Lima kota di Indonesia terapkan implementasi nyamuk ber-Wolbachia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (28/3/2024). (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan metode penanggulangan dengue menggunakan nyamuk ber-Wolbachia mulai bergulir di lima kota besar di Pulau Jawa.

"Sudah mulai dilakukan di Bandung, di Bontang, Kupang, Jakarta, satu lagi di Semarang," kata Budi Gunadi Sadikin di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan Universitas Gajah Mada, Yayasan Tahija dan Monesh University bekerja sama melakukan inovasi program penanggulangan dengue berteknologi nyamuk ber-Wolbachia selama kurang lebih 10 tahun.

Wolbachia adalah bakteri alami, simbion yang umum ditemukan di hewan arthropoda, dengan mekanisme menghambat replikasi virus dengue yang diperankan oleh Wolbachia.



Hasil penelitian tersebut mampu menurunkan 77 persen incidence rate (IR) dengue dan mengurangi risiko perawatan di rumah sakit sebesar 86 persen.

Atas pertimbangan itu, Kemenkes mengadopsi teknologi Wolbachia dengan menerbitkan Kepmenkes Nomor 1341 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pilot Project Teknologi Wolbachia di lima kota.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menkes: Implementasi nyamuk ber-Wolbachia mulai bergulir di lima kota