BUMN HADIR - Enam perusahaan BUMN membuka Program SMN 2018 DIY-Kalteng

id Smn 2018,enam BUMN buka SMN

BUMN HADIR - Enam perusahaan  BUMN membuka Program SMN 2018 DIY-Kalteng

Peserta Program Sekolah Mengenal Nusantara (SMN) Kalimantan Tengah menarikan tarian Tasai Kahanja saat Pembukaan dan Serah Terima Program SMN DI Yogyakarta dan Kalimantan Tengah di Yogyakarta, Sabtu (11/8) malam. Acara itu menjadi penanda dimulainya pertukaran pelajar DI Yogyakakarta dan Kalimantan Tengah selama sepekan mendatang. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Andreas Fitri Atmoko/18.

Yogyakarta, (Antaranews Jogja) -  Enam perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdiri dari PT Angkasa Pura I (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re, PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo dan PT Danareksa (Persero) melaksanakan pembukaan dan serah terima Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 DIY dan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).
     
Angkasa Pura I, Garuda Indonesia, Indonesia Re, KBI dan Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga Provinsi D.I. Yogyakarta melepas 23 Siswa berprestasi dari SMA/SMK/SLB sederajat, 2 guru teladan dan 2 guru pendamping siswa berkebutuhan khusus Provinsi D.I. Yogyakarta untuk mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara  (SMN) 2018 ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). 
      
Kegiatan yang merupakan bagian dari BUMN Hadir Untuk Negeri ini diselenggarakan di Ruang Yudhistira, Mataram City Internasional Convention Center, Yogyakarta, Sabtu (11/8) malam.
      
Acara itu dihadiri oleh Direktur SDM & Umum Angkasa Pura I Adi Nugroho, Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi, Direktur KBI Agung Rihayanto, Direktur Danareksa Bondan Pristiwandana, General Reinsurance Customer Experience Management & Administration Division Head Indonesia Re Arie Surya Nugaraha, General Manager Garuda Indonesia Perwakilan Yogyakarta Jubi Prasetyo, Pimpinan Wilayah Jawa Tengah Askrindo I Putu Aprianto, General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi D.I. Yogyakarya Triwidiyatmoko dan Komandan Skadron Pendidikan (Danskadik) 104 Pangkalan TNI AU Adisutjipto Letkol Pnb. M. Sugiyanto.
     
Pada program SMN 2018 ini, Angkasa Pura I sebagai BUMN Koordinator/PIC DIY bersama Garuda Indonesia, Indonesia Re dan KBI sebagai BUMN CO. 
    
PIC menerima 23 Siswa berprestasi SMA/SMK/SLB sederajat, 2 guru teladan dan 3 guru pendamping siswa berkebutuhan khusus asal Provinsi Kalteng yang telah diseleksi dan dikirimkan oleh Askrindo dan Danareksa sebagai PIC pelaksanaan SMN di Provinsi Kalteng. 
    
Para peserta nantinya akan diajak untuk mengenal BUMN PIC & CO. PIC DIY,  mengikuti pembelajaran mengenai Bela Negara bersama TNI AU Adisutjipto, mempelajari mengenai E-Commerce, mengikuti pelatihan penulisan jurnalistik serta mengunjungi tempat-tempat kebudayaan & bersejarah di DIY.
    
 Selain itu Angkasa Pura I, Indonesia Re, Garuda Indonesia dan KBI akan memberikan bantuan berupa buku bacaan kepada Perpustakaan SMA N 6 Yogyakarta dan Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Para siswa SMN asal Provinsi Kalteng akan diajak pula berkontribusi terhadap pelestarian alam dan lingkungan hidup melalui pelepasan penyu di Pantai Pelangi, Kabupaten Bantul.
Baca juga: BUMN HADIR - Peserta SMN Yogyakarta diajak mengenali peran BUMN
     
Sementara itu siswa asal DIY selama mengikuti Program SMN di Provinsi Kalteng akan diajak mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan tempat wisata di kota Palangkaraya. Para siswa akan mengikuti pembelajaran mengenai Bela Negara bersama TNI, pelatihan mengenai E-Commerce, serta akan bekali pelatihan rehabilitasi Orangutan bersama organisasi Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF).
    
 "Program SMN ini terlaksana berkat adanya sinergi yang baik antar BUMN sekaligus komitmen bersama atas BUMN Hadir Untuk Negeri dalam aspek pendidikan bagi generasi muda. Melalui program SMN ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta serta kebanggaan dalam diri siswa atas berbagai kekayaan budaya, alam, sejarah serta potensi-potensi daerah yang dimiliki oleh Indonesia dalam hal ini khususnya DIY dan Provinsi Kalimantan Tengah," kata Direktur SDM & Umum Angkasa Pura I, Adi Nugroho.
     
"Semoga dengan kegiatan pertukaran antarsiswa  DIY dan Provinsi Kalteng ini dapat menumbuhkan keakraban, rasa nasionalime yang tinggi serta menambah wawasan bagi para siswa," tambah Direktur Danareksa, Bondan Pristiwandana.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY Triwidiyatmoko mengapresiasi sinergi enam BUMN pada kegiatan SMN ini. 
  
"SMN ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk generasi muda nusantara. Selamat menikmati kota Yogyakarta untuk para siswa/i asal Provinsi Kalteng. Selamat menjadi tamu yang baik kepada siswa/i Yogyakarta yang akan menuju Palangkaraya," kata Triwidiyatmoko.

Baca juga: BUMN HADIR - Garuda Indonesia berharap SMN promosikan wisata Yogyakarta