6.904 mahasiswa baru UNY ikuti PKKMB

id uny

Kampus UNY (unycommunity.com)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 6.904 mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Gedung Olahraga UNY Yogyakarta, Selasa.
     "Mahasiswa sebanyak itu terdiri atas 596 mahasiswa D-3, 5.082 mahasiswa S-1, 985 mahasiswa S-2, 109 mahasiswa S-3, dan 132 mahasiswa Program Profesi Guru (PPG)," kata Wakil Rektor I UNY Prof Margana pada pembukaan PKKMB UNY.
     Ia mengemukakan, dari 6.904 mahasiswa baru itu, sebanyak 780 orang di antaranya merupakan mahasiswa program bidikmisi. UNY berusaha menambah kuota mahasiswa program bidikmisi sebanyak 473 orang.
     "Kuota mahasiswa program bidikmisi di UNY pada tahun 2018 sebanyak 780 orang, dan kami sedang mengusahakan kuota tambahan sebanyak 473 mahasiswa," kata Margana.
     Direktur LPP TVRI Helmy Yahya saat menjadi pembicara PKKMB UNY mengatakan, era disrupsi sudah melanda dunia pendidikan. "Online education" sudah mulai dilakukan beberapa perguruan tinggi di Indonesia.
     Pada era sekarang, menurut dia, adalah era "sharing" ekonomi yang memaksimalkan media "online". Oleh karena itu, "mindset" mahasiswa harus diubah karena ke depan berbisnis adalah serba digitalisasi melalui internet.
     "Era disrupsi merupakan penjabaran dari inovasi, mengubah 'value' dengan kecepatan, lebih murah dan lebih bervariasi, serta mengubah perilaku model bisnis," kata lulusan University of Miami, Amerika Serikat (AS), itu.
     Rektor UNY Prof Sutrisna Wibawa mengatakan mahasiswa baru UNY adalah mahasiswa yang berkualitas dan mempunyai prestasi, sehingga diharapkan dapat lulus tepat waktu.
     "Mahasiswa baru juga diharapkan dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan mengikuti ekstrakurikuler yang sesuai dengan misi akademik ke depan," kata Sutrisna.
     Salah satu mahasiswa baru UNY dari Program Studi PGSD Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Keolahragaan Septiana mengatakan dirinya sangat senang bisa diterima di UNY.
     "Saya berkeinginan untuk mengembangkan bakat dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan serta rajin mengikuti kuliah," kata lulusan MAN 4 Bantul itu.
     Pembukaan PKKMB UNY ditandai dengan pemakaian jas almamater oleh rektor kepada empat wakil mahasiswa. Mahasiswa baru dengan usia termuda adalah Vidi Mila Sukmawati dari Program Studi Pendidikan Sosiologi S-1 dengan usia 16 tahun 2 bulan 14 hari.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar